Internet Marketing

5 Hal-hal dasar dalam bisnis online

Hampir setiap hari di inbox atau email saya selalu saja banyak orang yang bertanya bagaimana dan dari saya harus memulai bisnis online, apalagi setelah saya tulis di Facebook. Begitu saya tanya apakah yang sudah anda persiapkan atau yang anda miliki? ternyata baru punya laptop dan memiliki modem, artinya fasitas internet.

Hmm, dalam hati saya ternyata masih masih dasar sekali. Untuk itu saya coba share kembali bahwa ada beberapa hal yang paling dasar dan sangat perlu anda persiapkan sebelum melangkah lebih jauh tentang bisnis online. Tetapi sebelum saya share ini menunjukkan ternyata pertumbuhan penggunaan internet sebagai lahan baru dalam bisnis untuk meraup keuntungan. Lalu bagaimana dengan anda, apakah sudah siap? Dan saya sangat menghargai keterus terangan dari kawan-kawan sehingga bahwa karena ingin bisnis tidak tau caranya, dari pada pura-pura tau pada hal….? Sebelumnya cobalah inventarisir kembali terlebih dahulu.

Ada 5 hal yang paling dasar sebenarnya untuk bisnis online selain laptop dan jaringan internet adalah sebagai berikut :

  1. Email. Ya, awal dari semua keputusan atau tindakan yang akan anda lakukan pasti berhubungan dengan email. Misalnya untuk mendaftar di Facebook harus punya email, daftar internet banking juga harus ada email dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mendapatkannya, silahkan gunakan Yahoo! atau Gmail.com atau lainnya yang lebih nyaman tentunya untuk anda.
  2. Rekening Bank Online.  Kalau mau berbisnis tentunya harus punya rekening sebagai wadah untuk penerimaan uang anda. Maaf bukan promosi silahkan gunakan BCA atau Mandiri yang banyak digunakan di bisnis online di Indonesia. Tetapi jika anda ingin mengembangkan bisnis anda ke luar negeri seperti Click Bank atau Amazon silahkan gunakan Paypal.
  3. Nomor Kontak, apakah begitu penting? Ya! Penting sekali, mungkin anda bertanya kan ada email, kenapa harus pake nomor kontak? Karena semua orang biasanya mau lebih cepat atau instant. Sehingga ketika ketemu dengan produk / jasa anda yang paling cepat di ambil adalah Handphone untuk mencatat nomor kontak anda dah bahkan langsung dihubungi saat itu juga.
  4. Produk, setelah anda persiapkan hal-hal di atas seperti email, rekening, nomor kontak, tidak kalah penting dengan produk, karena inilah salah satu unsur utama untuk menghasilkan uang dalam bisnis online. Untuk itu silahkan cari produk laku dan paling dicari orang untuk anda jual. Misalnya : cara cari uang, perjodohan, cari bermain forex, dll sebagainya.
  5. Website, punya produk, email dan lainnya tetapi tidak punya website sama saja tidak ada manfaatnya. Tapikan saya masih pemula, apakah ada yang gratis?. Tentu ada!. Manfaatkanlah blog seperti wordpress.com, blogger.com atau lainnya. Tapi sangat kami sarankan menggunakan yang berbayar bila anda benar-benar serius dan gunakan domain .com, .net. atau org. Anda tidak perlu membangun website atau harus ahli programmer, tetapi cukup gunakan tempelate saja dan gunakan prinsip ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

Tentu ini masih hal dasar saja, untuk selanjutnya ada banyak hal yang harus anda persiapkan, tetapi paling tidak dasarnya anda sudah siap karena itu yang paling penting, untuk selanjutnya tinggal pengembangan dengan mulai mengenali google.com.

Share


Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online