Sudah lama tidak menulis diblog ini, rasanya tidak cukup waktu untuk memberikan ide-ide dalam pikiran menjadi sebuah tulisan untuk dibagikan. Akhirnya setelah postingan terakhir tentang Pelatihan Internet Marketing Morinda Pekanbaruhari ini saya coba kembali untuk berbagi tulisan seperti pada judul.

Pengunjung atau sering disebut dengan traffic kalau didunia online. Ya berbicara dengan pengunjung (traffic) tentu bagi sebahagian orang akan langsung merujuk bagaimana cara mendapatkannya dan sumbernya dimana. Kenapa demikian, karena memang tanpa pengunjung (traffic) maka akan kesepian.

Sama halnya seperti kita punya toko, ketika tidak ada pengunjung maka tentu tidak akan ada transaksi penjualan. Internet dalam hal ini blog atau website ataupun toko online tanpa pengunjung (traffic) maka tidak akan pernah terjadi apa-apa, maka sering muncul No traffic = No Money.

Cara Mendapatkan Pengunjung Blog

Nah saat ini saya coba mengurai bahwa ada 6  Sumber Pengunjung yang dapat menghasilkan uang dari blog atau toko online anda :

  1. SEO (Search Engine Optimazion), adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut, atau lebih dikenal dengan optimalisasi mesin pencari. Hal ini berhubungan dengan kata kunci. Sebagai refensi dapat dibaca 5 hal yang harus dipahami untuk riset ide bisnis.
  2. Social Media, adalah yang paling banyak digunakan saat ini karena hanya menggunakan cara simpel seperti copy paste juga bisa. Apa saja social media yang digunakan, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest dan lain sebagainya. Apakah ini harus digunakan semua? tentu saja bisa…., Promosi di Media Sosial Selalu Gagal? Ini Kiatnya!
  3. Advertising. Ini bukanlah hal yang baru atau mungkin sering kita dengar dengan IKLAN. Ada berbagai macam type untuk beriklan termasuk di social media. Seperti Adsense, Facebook Ads dan lainnya. Kalau point 1 dan 2 bisa digunakan tanpa modal tentu untuk yang satu ini anda harus merogoh kocek untuk menggunakannya.
  4. Email Marketing adalah salah satu metode Marketing yang paling efektif bagi mereka yang menggunakannya, intinya menggunakan email untuk mengirimkan penawaran karena memang jarang sekali email yang masuk tidak dibaca, walapun hanya sekilas.
  5. Mobile / Smart Phone. Ternyata saat ini untuk Mobile / Smart Phone menjadi media yang digunakan untuk mengakses internet, maka tidak salah bahwa ini menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan pengunjung. Bisa melalui update status di personal message BBM ataupun dengan Broadcast.
  6. Content & Copywriting. Salah satu cara yang palin efektif untuk mempengaruhi orang lain adalah melalui tulisan. Untuk itu berikanlah tulisan yang original dan sangat bermanfaat kepada pengunjung serta terupdate sehingga secara viral blog anda juga akan direkomendasikan orang lain, terutama dengan adanya social media saat ini.

Mudah-mudahan dengan 6 point tersebut di atas bila dioptimalkan dapat memberikan sumber penghasilan yang luar biasa dari blog atau website anda.