Salah satu Model Bisnis Online yang bisa dijalankan oleh pebisnis online / internet marketer adalah Pay Per Click (PPC).

Apa yang dimaksud dengan Pay Per Click (PPC) ?

PPC (Pay Per Click)

PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click (PPC), adalah salah satu bentuk Bisnis Online berbentuk Iklan yang pembayarannya berdasarkan Click (Klik). Situs-situs yang menyediakan jasa PPC adalah Google, dan ada juga ada situs-situs Lokal Indonesia yang menyediakan jasa PPC. Seperti Dalam Pay Per Click, ada 2 bagian yang terlibat yaitu Advertiser (Pemasang Iklan) dan Publisher (Penayang Iklan) atau Anda jika nantinya anda menggeluti bisnis ini.

Advertiser, adalah pihak yang memasang iklan. Advertiser ini akan membayar ke penyedia jasa PPC atas iklan yang dipasangnya. Advertiser akan membayar jika iklannya di klik. Biaya iklan didasarkan atas per klik yang besarnya bervariasi tergantung penawaran kita. Semakin besar harga penawaran per klik, semakin besar peluang iklannya muncul. Tetapi ada juga harga per klik yang tetap, misalnya Rp 500 per klik. Untuk memasang iklan di PPC, advertiser harus membayar terlebih dahulu, investasi terebih dahulu dengan jumlah tertentu. Jumlah investasi ini akan berkurang jika iklannya ada yang meng klik. Makin banyak klik, maka uangnya makin habis.

Publisher, adalah pihak yang menerbitkan / menayangkan iklan. Publisher menyediakan situs / web / blog untuk tempat memasang iklan. Iklan PPC ini diambil dari penyedia jasa PPC, dengan cara mengambil kode iklan, lalu dipasang di situs kita. Sebagai contoh anda bisa lihat di halaman sebelah kanan u-onestore.com itulah contoh Iklan PPC. Apabila iklan di situs tersebut ada yang meng klik, maka saya dibayar oleh penyedia jasa PPC dalam hal ini adsensecamp.com, yang perhitungannya per klik. Besarnya bayaran per klik ini bervariasi, tergantung penyedia jasa PPC, ada yang membayar sesuai dengan prosentase dan ada juga yang membayar dengan harga tetap.

Lalu apa yang dimaksud dengan PTC (Paid To Click)

PTC (Pay TO Click)

PTC (Pay TO Click)

PTC (Paid To Click) adalah salah satu Metode Bisnis Online yang pembayarannya juga berdasarkan Klik. Yang artinya anda akan di bayar jika anda meng-klik sebuah iklan yang tampil pada penyedia jasa PTC. Jadi ada perbedaan dengan PPC, dimana pada bisnis Pay Per Click (PPC) anda akan di bayar jika IKLAN yang anda pasang di klik oleh orang lain atau pengunjung website anda. Kalau PTC (Paid To Click) akan dibayar jika anda klik IKLAN yang disediakan penyedia jasa PTC. Kalau PPC anda disebut sebagai Publisher sedangkan pada PTC anda disebut sebagai Klicker.

Penyedia jasa PTC juga ada dari luar negeri dan ada dalam negeri seperti NEOBOX.com dan lain-lain dan penyedia jasa dari dalam negeri juga ada seperti IDR-CLICKIT.COM, kliksaya.com dan lain-lain. Saya pernah beberapa bulan ikuti bisnis PTC ini. Prosesnya cukup mudah, registrasi dengan pilihan beberapa tingkatan member seperti FREE, GOLD & PLATINUM. Disamping itu juga PTC mempunya program refferal atau disebut juga sebagai Affiliate. Hanya butuh waktu 15 menit untuk melakukan klik terhadap iklan2 yang disediakan oleh penyedia jasa PTC ini. Jika ingin mencicipi penghasilan dari PPC dan PTC silahkan pertimbangkan monggo, karena sudah banyak orang kaya dari bisnis online.

Share

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.


shareSerials Online