Internet Marketing
Cara MUDAH membuat TOKO ONLINE dalam 1 jam

Cara MUDAH membuat TOKO ONLINE dalam 1 jam

Sudah tau bahwa bisnis Online dengan TOKO ONLINE atau sering juga disebut dengan ONLINE STORE menjadi salah satu bisnis yang memberikan passive income, maka saat anda untuk action saat ini. Saat ini ada banyak pilihan untuk membuat toko online. Tidak perlu anda harus mengerti script pemograman baru bisa memiliki toko online. Sebenarnya ada banyak platform yang sudah menyediakan dan tinggal klik, klak maka semua jadi.

Saya senang menggunakan tempelate toko online wordpress, karena sangat simple, anda tinggal download lalu anda extrak pada komputer lokal atau langsung ke domain atau hosting yang sudah anda beli. Untuk tempelate toko online wordpress yang bisa anda gunakan dan bisa langsung di download gratis.

Membuat Toko Online
Membuat Toko Online

Tetapi sebelumnya  ada beberapa point penting yang harus anda persiapkan sebelum membuat toko online. Karena kami tau bahwa setiap pengusaha ingin usahanya berjalan dengan sukses. Untuk itu ada 6 point penting yang harus anda tau dalam membangun bisnis online anda :

  1. Riset Kata Kunci. Semua bisnis pada dasarnya sama bahwa sebelum memutuskan untuk memulai bisnis harus dilakukan terlebih dahuli Riset baik itu riset kecil-kecilan atau besar-besaran. Untuk bisnis online juga harus dilakukan riset. Misalnya anda ingin melakuan penjualan #Kopi Limmit, maka perlu anda lakukan riset apakah ada yang cari atau tidak. Atau sering kita dengar dengan sebutaan “Keyword” atau “Kata Kunci”. Anda boleh menggunakan Google Keyword Tools. Dengan riset ini anda tau seberapa besar permintaan pasar dan seberapa besar pesaing anda di pasaran.
  2. Membuat Website. Setelah anda yakin dengan hasil riset anda, maka selanjutnya anda bisa langsung membuat website. Kami sangat menyarankan sebenarnya menggunakan yang gratisan dulu seperti WordPress.com atau Blogger.com, sehingga tidak terlalu berat untuk masalah biaya. Tetapi kalau tidak ada kendala masalah biaya tidak menjadi masalah anda langsung bisa beli domain atau hosting. Contoh yang gratisan : http://tokokopilimmit.wordpress.com, berbayar : www.tokokopilimmit.com
  3. Optimasi. Mungkin agak jarang kedengaran bila anda pemula. Tetapi intinya apabila anda punya toko kemudian di isi dengan barang dagangan apakah orang akan tau bahwa anda menjual barang dagangan tanpa anda beritahu kepada orang lain? Tentu tidak. Pastinya Toko Online juga harus kita beritahu ke mesin pencari sebagai alatnya, inilah yang disebut dengan optimasi. Hal ini perlu dilakukan sehingga ketika dicari di Mesin pencari (google.com, yahoo.com, msn.com) berada di urutan pertama.
  4. Update Informasi. Anda perlu memberikan informasi-informasi terbaru tentang toko online dan produk anda dengan cara menuliskan artikel baru yang bermanfaat bagi para pengunjung toko online anda.  Menulis artikel itu harus uniq dan tidak  copy paste dari punya orang lain karena jelek performance di google panda nantinya.
  5. Membangun Backlink. Sabar kawan, karena sukses butuh perjuangan, tidak perlu harus pusing memikirkan istilah Backlink ini. Tetapi ini pekerjaan yang sangat mudah. Kalau di dunia offline atau didunia nyata ini sama dengan memberikan atau membagi-bagikan kartu nama kepada orang lain. Nah pada bisnis online juga ini berlaku yaitu dengan cara mengisi nama, email dan alamat website pada website orang lain yang sejenis dengan website kita.
  6. Monitor Kata Kunci. Masih ingat point satu “Keyword”. Anda sudah melakukan point 1 – 5 maka selanjutnya perlu dimonitor dari mana saja para pengunjung yang datang ke toko online kita, hal ini dapat dilakukan dengan Histats untuk mengetahui dari mana saja pengunjung yang datang.

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.


shareSerials Online

6 Comments

  1. saya sdh punya hosting dan nama domain, di mwn, tapi ternyata susah sekali ya…..saya memakai wordpress. apakah bisa menuntun pembuatanwebnya? soalnya kalau yg template sdh jadi kebanyakan terlalu meriah, saya suka yg sederhana saja, tapi cukup utk jualan
    terima kasih

    1. selamat malam bu Hertati, terimakasih atas kunjungannya. Boleh tau dibagian mana ibu yang kesulitan? pada hal wordpress itu sangat mudah sekali bu. Boleh bu, silahkan dishare sudah sampai dimana pembuatannya. Sebenarnya begini, kenapa harus menggunakan tempelate yang sudah ada? tujuannya karena didalamnya sudah ada script yang dipasang untuk mempermudah website kita dikenal oleh mesing pencari (searh engine) disamping yang memang harus kita tambah berupa katakunci (keyword).

  2. I?d slhoud examine with you here. Which is not something I often do! I enjoy studying a post that can make folks think. Additionally, thanks for allowing me to remark!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *