Internet Marketing
Cara MUDAH Membuat toko ONLINE dengan WordPress

Cara MUDAH Membuat toko ONLINE dengan WordPress

Cara MUDAH Membuat TOKO ONLINE

Cara Membuat Toko Online gratis dengan wordpress
Cara membuat toko online

Alkisah dari seorang Anak 8 tahunan membangun bisnis online dari toko onlinenya, menambah semangat para pebisnis online untuk menggencarkan kegiatan serangannya secara onlinenya. Ternyata benar adanya bahwa salah satu bisnis yang bisa dijadikan sebagai mesin uang adalah toko online, karena tanpa batas waktu diseluruh penjuru dunia. Hmm, seperti perang aja ya?

OK, lanjut… sebelumnya sudah di jelaskan bagaimana Cara Mudah Membuat toko Online dalam hitungan jam, tidak perlu ribet dan tidak harus mengerti programming.

Sebetulnya ada banyak pilihan dari beberap tempelate yang sudah tersedia saat ini. Kehadiran Web 2.0 membuat para pebisnis online semakin dipermudah karena tidak lagi harus mengurusi masalah script. Cukup dengan menggunakan tempelate-tempelate yang sudah ada. Adapun beberapa tempelate yang sering digunakan adalah tempelate toko online dari wordpress karena cukup mudah dan gratis.

Cara Membuat TOKO ONLINE menggunakan WordPress

Kenapa harus menggunakan wordpress? Ya!  Sebenarnya itu tergantung dari masing-masing orang. Tetapi saya justru menggunakan ini karena saya sudah mencoba ketika menggunakan gratisannya ternyata sangat simple. Disamping itu ternyata plug-in pendukungnya juga cukup banyak dan up to date, bebas memilih tempelate baik yang gratisan maupun yang premium. Menurut pengalaman dari yang sudah menggunakannya juga lebih mudah di optimasi sehingga memudahkan robot mesin pencari (search engine) dalam mengindex halaman2nya.

Untuk toko online dengan wordpress harus menambahkan yang namanya plug-in. Ada banyak plug-in yang bisa digunakan untuk toko online tinggal download dari wordpress.org. Namun untuk plug-in toko online menggunakan wordpress dapat menggunakan 3 plug-in berikut ini :

  1. Wp e-commerce bisa download disini
  2. Eshop bisa download disini
  3. Yak for WordPress bisa download disini

Sebaiknya sebelum melakukan pembelian HOSTING dan DOMAIN untuk membuat toko online anda juga bisa install di komputer lokal dengan menggunakan lokalhost sehingga anda bisa coba dari 3 pilihan tersebut mana yang lebih mudah dan lebih cocok sesuai kebutuhan anda.

5 Tahap Membuat Toko Online dengan WordPress

Apabila sudah menemukan jodoh,.. eh.. ops, sorry menemukan pilihan tempelate wordpress untuk toko online anda maka ada 5 tahapan yang harus anda lakukan untuk mempersiapkan toko anda. 5 tahapan ini akan anda lakukan setelah melakukan download dari 3 pilihan yang direkomendasikan di atas tadi, a.l :

  1. Melakukan pemilihan terhadap nama domain, misalnya tokokopi.com, tukangjamu.com. Pemilihan domain dimaksud sesuai dengan apa yang anda inginkan sebagai nama toko anda. Sangat disarankan hasil riset.
  2. Melakukan Instalasi tempelate WordPress, setelah anda download dan sudah memiliki domain HOSTING dan DOMAIN maka tugas selanjutnya adalah melakukan isntalasi.
  3. Instalasi Plugin e-commerce, tempelate wordpress yang didownload biasanya masih standard, jadi lakukan instalasi terhadap plug-in toko online anda.
  4. Siapkan isi toko, lakukan pengisian terhadap produk2 yang ingin anda jual antara lain produk, harga, biaya pengiriman dan lain2
  5. Optimasi lakukan optimasi seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya dalam membangun toko online dalam hitungan jam.

Bila anda masih pemula dan mempunyai modal yang terbatas anda bisa juga memanfaatkan yang gratisan. Karena yang gratisan juga banyak yang berhasil melakukan penjualan sambil anda melakukan riset kecil-kecil termasuk mempelajari kemudahan – kemudahan dalam wordpress itu sendiri.

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.


shareSerials Online