Internet Marketing
Inilah 5 Rahasia Sukses Memulai Bisnis bagi Mahasiswa

Inilah 5 Rahasia Sukses Memulai Bisnis bagi Mahasiswa

Bisnis Online Mahasiswa
Bisnis Online Mahasiswa

Menyandang status Mahasiswa memang seharusnya bertugas untuk tetap belajar dan mendalami ilmunya sesuai dengan jurusan yang sudah diambil. Tetapi disamping belajar tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan waktu luang untuk memulai belajar bisnis. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah Bisnis Online. Dukungan infrastruktur yang semakin bagus serta pesatnya perkembangan teknologi dan internet semakin memudahkan para mahasiswa memanfaatnya.  Bukankah sangat menyenangkan bila anda sukses di usia muda? serta punya penghasilan setelah lulus kuliah?

Sukses BESAR sebagaimana dijanjikan didunia bisnis online memang sangat menggiurkan, tetapi tidak semudah yang di bayangkan, karena saya tetap katakan baik dalam worskhop, sharing atau status difacebook maupun aku twitter bahwa semua butuh proses. Banyak yang sukses dan menyandang gelar Young Onlinepreneur tetapi ada banyak juga yang gulung tikar sebelum menikmati hasil dari bisnis onlinennya.

Untuk itu, bagaimana anda bisa menyandang kesuksesan besar di usia muda dari Bisnis Online? Manfaatkan 5 Rahasia Sukses memulai bisnis Online bagi anda yang mahasiswa atau siapapun yang mau sukses di usia muda.

1. Tentukan Ide Bisnis yang potensial

Hmm, begitu anda baca point satu, pasti langsung muncul pertanyaan, apa ya pak, Bisnis yang bagus saat ini… atau apa kira-kira ide bisnis yang potensial dan menghasilkan. Kalau menurut saya bisnis yang bagus itu adalah bisnis yang sudah dilakukan dan memang menghasilkan, itulah bisnis yang bagus. (: , Tetapi saran saya ide yang bagus itu bisa saja mulai dari apa yang anda sukai, bisa dari hobby, bisa dari ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Disamping itu juga anda bisa menemukan ide dari media, majalah, iklan dan lain sebagainya atau bisa juga berasal dari masalah orang lain. baca Ide bisnis yang banyak menghasilkan uang.

2. Lakukan Riset di Internet untuk mengetahui selera pasar

Langkah kedua setelah anda menemukan ide bisnis tentunya anda harus melakukan riset pasar. Mengapa harus melakukan riset? Tujuannya adalah untuk memudahkan anda mengetahui seberapa besar peminat atau respon pasar terhadap ide bisnis anda atau seberapa banyak ide bisnis anda dicari orang di internet. Artinya semakin banyak permintaan atau peminat maka SUKSES BESAR yang anda dambakan lebih cepat tercapai. Anda bisa melakukan riset menggunakan google keyword tools secara gratis.

3. Pilih nama domain yang menjual

Langkah yang ketiga adalah menentukan nama domain yang menjual. Sebelum anda melakukan pembelian anda juga perlu tau 3 hal penting sebelum melakukan pembelian domain. Tidak menjadi suatu keharusa memang langsung menggunakan domain yang berbayar, karena sampai dengan saat ini masih banyak paran pebisnis online menggunakan yang gratis seperti blog wordpress.com dan blogspot.com. Tetapi untuk meningkatkan performance anda sebaiknya menggunakan domain yang berbayar sehingga kelihatan profesional. Untuk penggunaan nama domain sebaiknya sesuai dengan hasil riset. Sebagai contoh jika ingin bisnis service ac maka sebaiknya nama domainnya adalah serviceacpekanbaru.com itu akan lebih baik dibandingkan dengan jayateknik.com walaupun jayateknik.com itu juga service ac.

4. Manfaatkan relasi atau jaringan anda untuk mendapatkan dukungan produk

Langkah ke empat adalah memanfaatkan relasi atau jaringan sehingga anda bisa lebih leluasa mendapatpakan dukungan terhadap produk yang anda jual. Saya tau anda pasti langsung tanya, bro, sayakan masih mahasiswa belum punya relasi….. OK, tidak masalah anda sudah tau bahwa untuk sukses perlu relasi atau jaringan. Memang menjadi kendala bagi banyak orang ketika mau bisnis tidak ada modal dan tidak ada jaringan atau relasi, tetapi dengan bisnis online semua itu bisa didapatkan baik melalui social media seperti facebook, twitter dan lain-lain. Anda bisa menjadi reseller, affiliate atau bisa juga menjadi salah satu cabang dari usaha yang sedang membutuhkan kantor cabang di daerah anda.

5. Konsisten atau fokus untuk menghadapi persaingan pasar

Langkah yang kelima adalah harus konsisten dan fokus menghadapi kompetitor atau persaingan pasar. Maraknya pebisnis online di dunia maya menuntut anda harus kreatif dan selalu memberikan invoasi baru, sehingga anda menjadi tampil beda dari yang lain. Mempunyai Nilai Tambah (Added Value), Berbeda dari yang lain (differensial) dan tentunya Unik (uniq) sehingga anda bisa menjadi pilihan dari berbagai jenis bisnis yan ada.

Wow, jangan sampai anda stress setelah anda tau 5 rahasia ini, tetapi jika ingin Manajemen Stress Terbaik? sehingga bisa menghasilkan yang lebih baik? Silahkan

baca Manajemen Stress Terbaik

#Bisnis Online Mahasiswa

Pembicara Bisnis Online
Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online
>YA! Saya mau dikirimin GRATIS Tips Bisnis Online

Nama Lengkap :

E-mail address

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *