Sudah tau apa itu Digital Marketing? Kebanyakan perusahaan yang bergerak di telco, IT, dan perbankan sudah lebih advance dalam mengoptimalisasi digital marketing. Beberapa perusahan fast moving consumer goods juga sudah mulai serius di dunia digital, tapi pada umumnya masih sebatas pelengkap saja. Namun, ada pula merek consumer goods yang sangat jago dalam aktivitas digital marketing. Sebagai contoh, apa yang pernah dilakukan Pocari Sweat yang meluncurkan game online Ionopolis dengan menggunakan media sosial terpadu yang pertama di Indonesia. Ada juga nutri sari yang meluncurkan permainan dengan pola berkebun.

Digital Marketing Plan

Beberapa perusahaan yang masih belum total dalam digital marketing biasanya melihat kebutuhan untuk kampanye lewat media digital masih belum dirasa mendesak. Ditambah lagi, di industri yang dimasukinya belum banyak pemain lain yang menggunakannya. Sehingga, yang terjadi adalah saling menunggu di antara mereka dan begitu ada satu yang menggunakan salah satu kanal di internet, yang lain akan segera menyusul. Termasuk andakan, masih melihat-lihat….

Selain itu, tidak menutup kemungkinan pula masih ada pertentangan di internal mereka. Biasanya antara divisi marketing communication dan financial sering berbeda pendapat dalam penentuan pilihan kampanye di dunia digital secara total. Menghadapi perbedaan tentang penggunaan digital marketing di internal perusahaan, brand manager jangan patah arang.

Langkah yang paling nyata untuk memberikan pemahaman pada direksi atau divisi lain adalah dengan data yang akurat. Ditambah juga dengan menerangkan upaya-upaya yang simultan dan terintegrasi dalam pemasaran di ranah online. Tentu saja, tidak ketinggalan adalah menjelaskan bahwa dengan digital marketing pengukuran menjadi lebih gampang dilakukan dibanding lewat media konvensional.

Langkah berikut adalah mengenalkan atau mencoba dulu kanal yang paling mudah digunakan dalam dunia Digital Marketing :

  • Dimulai dengan memiliki website perusahaan, meski sifatnya masih informatif lalu,
  • Memiliki akun di media sosial dan mengaktivasinya, dari membuatkan link ke website perusahaan,
  • melakukan kontes, pemantauan, hingga pengukuran.

Langkah tersebut merupakan awal masuk di digital marketing yang relatif tidak terlalu menyedot biaya. Apabila langkah ini berhasil, maka selanjutnya bisa mencoba beberapa hal berikut ini :

  1. Meningkatkan aktivitas di dunia online seperti dengan membuat mobile site.
  2. Membuat iklan banner yang ditempatkan di media-media berita online, silahkan dipilih
  3. dan banyak kreativitas lain berbasis digital yang masih bisa dilakukan, pemasangan iklan baris, membuat blog dan lainnya.

Namun begitu, untuk sukses dengan dunia digital marketing paling penting setelah memiliki beragam aktivitas digital marketing adalah maksimalisasi fungsi dari tiap aktivitas tersebut. Sebagai contoh, pemasangan banner bisa digunakan untuk menggali customer insight dengan melakukan survei pendek. Ketika pengakses mengklik banner, maka akan diarahkan ke tampilan survei dengan pertanyaan sedikit tapi mendasar. Dengan begitu, tidak membuat pengakses keluar dari link itu atau bila memang pertanyaan cukup banyak bisa diberikan hadiah untuk mengikat responden.

Membuat game di website atau media sosial juga bisa menjadi cara ampuh untuk menguatkan merek. Adanya iming-iming hadiah yang menarik bisa menggaet peserta game dalam jumlah banyak. Kreativitas permainan menjadi hal penting. Terlebih, bila digelar secara kontinyu, tiap game harus memiliki tantangan yang berbeda. Salah satu tujuan aktivasi merek di dunia online adalah meningkatkan imej dan loyalitas konsumen. Jangan sampai justru menjadi bumerang bila dilakukan setengah hati. Untuk itu, dukungan dari internal harus bulat jika ingin sukses dengan dunia digital marketing.

Pembicara Bisnis Online
Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online
>YA! Saya mau dikirimin GRATIS Tips Bisnis Online

Nama Lengkap :

E-mail address