Internet Marketing
Panduan Bisnis Hosting dan Domain

Panduan Bisnis Hosting dan Domain

Kalau sebelumnya kita sudah share tentang bisnis Membership maka kali ini akan lanjutkan untuk bisnis Hosting dan Domain. Hosting dan Domain merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Karena masing – masing tidak bisa berdiri sendiri melainkan harus satu paket. Jadi kalau anda mau memulai bisnis online tidak bisa anda hanya membeli Domain saja tetapi harus ada juga dengan Hosting. Walaupun sebenarnya anda bisa hanya beli Domain saja dulu karena kebetulan anda dapat ide, sehingga jangan sampai di ambil orang lain. Selanjutnya akan kita share tentang apa itu Domain dan Hosting.

Apa itu Hosting

Hosting

Sebenarnya jangan terlalu bingung mana yang lebih dulu Hosting atau Domain, tetapi seperti kami jelaskan di atas bahwa ini yang penting harus satu paket. Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Simplenya saja ketika anda menuliskan sesuatu dalam website anda maka itu akan tersimpan hosting /server atau informasi2 yang selama ini anda dapatkan dari Internet ada di hosting. Besaran kapasitas hosting saat ini beragam mulai dari ratusan megabite sampai dengan giga byte. Anda hanya menyesuaikan dari kapasitas yang akan anda gunakan.

Apa itu Domain

Domain adalah
Domain Name

Nama Domain (Domain Name) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut.

Beberapa Istilah seputar domain  terdiri dari :

  1. Top Level Domain – bagian paling belakang dari sebuah domain name
  2. Second Level Domain – Bagian setelah Top Level Domain
  3. Subdomain – domain yang menjadi bagian dari domain yang lebih besar

Untuk ketiga istilah diatas, paling mudah dengan menggunakan contoh langsung:

www.blog.eriantosimalango.com

* com adalah Top Level Domain
* eriantosimalango adalah Second Level Domain
* blog adalah subdomain

Top Level Domain ini bisa anda pilih sesuai dengan yang tersedia saat ini seperti .com, .net, .info, .biz dan masih banyak lagi. Pada dotcom (.com) lebih banyak digunakan untuk komersil.  Yap, saya rasa demikian dulu perkenalan dengan domain name. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca halaman wikipedia mengenai domain name. Mudah-mudahan dengan ulasan ini anda tau apa itu hosting dan apa itu domain sebelum anda terjun berbisnis didunia domain dan hosting.

Ada yang ingin anda tambahkan? Pendapat? Share pengalaman? Silahkan berdiskusi melalui form komentar. Atau anda ingin tau Tips dan Trik untuk pembelian domain dan hosting yang handal?

Pembicara Bisnis Online
Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online

Web Hosting Murah Indonesia | Web Hosting Murah dan Handal

11 Comments

  1. selamat siang Mas, terima kasih banyak informasinya aku jadi banyak ilmu setelah membaca tulisan nte yang di tulis di halaman blog ini. salam kenal dari sutopo sasuke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *