Bila sebelumnya sudah dijelaskan tentang PPC (Pay Per Click) dan PTC (Paid To Click) maka pada kesempatan ini akan saya jelaskan tetang PTR.

PTR (Padi To Review)

PTR (Paid to Review)

Paid to Review (PTR) adalah sebuah program bisnis online yang dilakukan oleh para Internet Marketing atau sebagai Blogger. Program ini tujuannya untuk menulis Review tentang produk / website / apa saja sesuai dengan keinginan sang Advertiser (pengiklan). Anda bisa melakukan bisnis ini setelah anda memiliki blog atau website sendiri. Salah satu syarat untuk diterima menjadi pebisnis Paid to Review (PTR) harus mempunya blog yang memiliki Google PageRank. Pada saat anda baca tulisan ini, website ini page ranknya masih pada posisi 1, kalau menurut Guru Internet Marketing PRnya harus 6 biar joss tetapi sebenarnya untuk ikut Paid to Review (PTR) PR 2 sudah cukup.

Selain sudah memiliki PageRank 2, sangat disarankan blog atau website harus berbahasa Inggris, karena penyedia atau Broker Paid to Review (PTR) hanya menerima Blog yang berbahasa Inggris (walaupun beberapa Broker bisa menerima Blog berbahasa Indonesia) . Maka apabila syarat tersebut sudah terpenuhi silahkan melakukan pendaftaran melalui ke Broker-broker Paid to Review (PTR). Ada banyak Broker PTR di Internet, beberapa di antaranya adalah : Blogsvertise, SponsoredReviews, Smorty, ReviewMe, dll.

Dalam setiap Review biasanya kita di bayar antara $2 – $500, tergantung nilai Blog kita. Soalnya semakin tinggi PageRank Blog kita, maka semakin tinggi pula nilai sebuah Blog. Oh ya, dalam bisnis PTR ini nilai sebuah blog tidak hanya di tentukan oleh Google PageRank, namun beberapa Broker PTR juga melihat Alexa Rank, Technorati Rank, dan Link Popularity untuk menentukan nilai sebuah Blog.

Tetapi apabila memang harus berbahasa Indonesia sama seperti saya maka saran dari para kawan-kawan PTR masuk saja di SponsoredReviews, soalnya selain mereka menerima Blog yang berbahasa Indonesia kita juga dapat menentukan bayaran yang ingin kita terima. Kita bisa menentukan bayaran kita antara $5 – $500 per Reviewnya. Sedangkan untuk Blog yang berbahasa Inggris bisa ikutan dengan Blogsvertise, Smorty, ReviewMe, dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan tentang PTR (Paid To Review) ini mudah-mudahan dapat menambah pilihan anda untuk menentukan mana yang lebih cocook bisnis online yang anda inginkan, apakah Produk Sendiri, Service atau Layanan, Affiliate atau lainnya. Ada banyak teman kita yang ingin mengetahui dan ingin memiliki penghasilan tambahan dari bisnis online untuk anda berhak sharekan kepada teman-teman dengan klik share.

Share

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online