Sebentar… menjelang akhir tahun, saya coba tinggalkan dulu pembahasan domain dan hosting, kalau tidak salah terakhir saya bahas tentang Tips dan Trik untuk pembelian domain dan hosting yang handal. Akan kita lanjutkan dilain kesempatan sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkembang atau yang kami terima baik melalui akun facebook atau twitter.

Social Media

Setelah saya menulis tentang Apa itu Sosial Media pada bulan July lalu, sempat terhenti karena memang sedang mengupas tentang 10 Jenis Bisnis Online yang bisa menjadi sumber penghasilan buat para calon netpreneur. Kalau saya tidak salah pada saat itu setelah saya ikut Seminar Social Media pertama kali di Pekanbaru. Ternyata tidak sampai disitu, bahwa semua orang sedang membicarakan tentang Social Media atau disingkat dengan SocMed.

Pertumbuhan social media setiap saat meningkat, sehubungan dengan penggunaanya tidak memandang umur. Disamping itu juga banyak perusahaan yang menjadikan SocMed menjadi Social Media Marketing. Disamping itu juga perusahaan – perusahaan startup yang bergerak dibindang social media konsultan juga bermunculan.

Social Media Marketing adalah

Social Media Marketing

Social Media Marketing

Apasih Social Media Marketing? gitu ya yang muncul banyak pertanyaan ketika kalimat itu tercetus. Tentu banyak jawaban atau pemikiran yang muncul tentang arti dari Social Media (Socmed) tersebut. Kalau saya kutip dari Wikipedia bahwa Social media marketing adalah “Social media marketing is an addition to personal, small business, corporate, and non-profit organizations’ integrated marketing communications plans

Tetapi menurut saya, social media marketing  adalah salah satu media atau tools yang digunakan melakukan kampanye atau beriklan baik itu personal, organisasi profit atau non profit dengan tujuan menyampaikan langsung informasi 2 arah baik itu ke masyarakat atau konsumen. Dengan harapan dengan social media ini masing – masing pribadi dapat memberikan kontribusi, kritik, saran atau apa sajalah tentang suatu topik yang disebarkan oleh pemilik sosial media.

Untuk itu mau tidak mau, suka atau tidak suka bahwa Perusahaan, Organisasi maupun Personal yang ingin melakukan Personal Branding harus ikut ambil bagian. Lalu bagaimana strategi yang efektif untuk menggunakan social media marketing, atau seperti apa strategi social media marketing ini? dan bagaimana Prediksi social media pada tahun 2012?

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online