sosial, sosial media, sosial media marketing, sosial media strategi, sosial media indonesia, sosial media monitoring,

SocMed Meningkat

Popularitas SocMed (Social Media) terus meningkat menunjukkan nilai plus terhadap dunia social network baik itu untuk pribadi maupun perusahaan. Berbagai perusahaan turut serta membuat even-even besar seperti pameran IT baik itu komputer maupun smart phone yang bertemakan Social Media.

Seperti acara yang digelar oleh Dyandra Promosindo akhir – akhir minggu lalu di Medan yang bertemakan Social Media & Creativity Festival. Tujuan digelarnya program tersebut adalah mempertemukan provider/pengelola social media maupun social business dan komunitas, dan menunjukkan manfaat social media bagi semua pihak.

Tidak kalah pentingnya para komunitas tweet ataupun personal, mencoba untuk mengarahkan para pengguna twitter untuk membangkitkan semangat cinta tanah air agar para pengguna twiter menggunakan baju adat daerah masing – masing. Hal ini terlihat dari trending topik yang sedang hangat yaitu #7 Hari Avatar Baju Adat. Setelah bebrapa tag tersebut muncul maka banyak para pengguna mengganti pict profile menggunakan baju ada masing-masing.

Hal ini menunjukkan betapa dasyatnya pengaruh social media untuk membicarakan topik yang sedang berkembang. Bukan hanya topik-topik ajakan seperti 7 Hari Avatar Baju Adat tetapi masih banyak lagi hal-hal yang membawa arus perubahan terhada suatu issu yang terjadi saat ini.

Dalam dunia digital marketing bahwa Social media menjadi hal yang tidak terpisahkan atau saat ini sering disebut Social Media Marketing. Hanya saja bagaimana pola atau strategi yang digunakan agar content social media yang digunakan menjadi pembicaraan menarik tetapi bisa dikaitkan dengan produk atau bisnis yang sedang kita jalani saat ini. Untuk itu perlu dipertimbangkan social media yang akan digunakan dan content atau topik apa yang akan di bahas dalam SocMed tersebut sehingga tidak terjadi hardselling. Karena ketika terjadi hardselling maka topik yang kita share akan ditinggalkan oleh para komentator.

Untuk itu ada 3 point penting yang bisa digunakan dalam Social Media Content Strategi dalam Marketing antalain adalah Awarness, Education Product dan Demand.

  1. Awarness : salah satu metode yang digunakan untuk mengingatkan para penggemar atau anggota komunitas agar mengingat produk yang sedang kita jual dengan cara – cara yang menarik. Contoh hal ini saya gunakan untuk #Kopi LIMMIT yang sedang saya aware setiap hari.
  2. Education Product : Memberikan edukasi terhadap manfaat atau fungsi produk yang sedang dijual. Dalam hal ini bukan hanya secara positif tetapi juga dari sisi negatifnya. Sebagai contoh saya selalu berbicara tentang kopi mulai dari sejarahnya, manfaatnya tetapi juga tentang efek sampingnya.
  3. Demand : Kita sudah mengingatkan para pengguna atau penggemar kita agar aware terhadap merek atau barang yang kita jual, tetapi kalau tidak menghasilkan tentu kita hanya buang2 tenaga waktu, tenaga dan biaya. Untuk itu kita harus bisa menciptakan solusi atas permasalahan yang terjadi sehingga tercipta permintaa. Sebagai contoh, #KopiLIMMIT mempunya manfaat untuk meningkatkan vitalitas, tentu saya akan membicarakan topik tetang bagaimana meningkatkan vitalitas dengan @Kopi Limmit.

Mudah-mudahan bermanfaat dan terus belajar untuk mengambil feedback dari penggunaan Social Media (SocMed) dalam dunia bisnis, sosial maupun spritual.

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online