Internet Marketing

Tips Memilih Nama DOMAIN yang bagus dan menghasilkan

Beberapa teman yang sudah mendengarkan video saya sebelumnya, bertanya seperti ini :

Pak, kenapa saya harus menggunakan domain atau nama website yang ada pada google sesuai dengan saran bapak sebelumnya, apakah saya tidak boleh mengunakan nama usaha saya yang sekarang menjadi nama domain?

Mungkin itu juga yang akan anda tanyakan ketika anda sudah mulai membaca atau bahkan mendengarkan dari video saya sebelumnya. Menurut saya tidak ada yang salah dengan pertanyaan itu dan hal yang wajar karena memang saya juga sama persis dengan apa yang anda tanyakan ketika saya memulai.

Nah, sesungguhnya ada beberapa faktor yang menjadi penentu kenapa website kita bisa tampil dihalaman google, salah satunya adalah nama domain yang kita buat mengandung kata kunci atau keyword. Disi lain kenapa saya selalu sebutkan bahwa untuk memulai bisnis online selalu di awali dengan ide bisnis baik itu yang berasal dari hobby dan yang berhubungan dengan kegiatan sekarang.

Disisi lain, untuk itulah kita perlu melakukan riset sehingga ide yang akan kita jadikan bisnis ditambah dengan hasil riset akan memberikan kesesuain termasuk dalam hal penentuan nama domain. Maka selain nama domain yang menjual juga harus nama domain yang seo friendly. Hal ini akan mempermudah kita untuk tampil di halaman satu google.

Apakah SEO nama domain sangat berpengaruh bagi mesin pencari Google?

Sekali lagi saya katakan bahwa nama domain tidak menjadi tolak ukur yang paling utama untuk tampil di halaman satu google atau dalam SEO. Tetapi kenapa kita tidak menggunakan ini karena menjadi faktor pendukung dalam mengindeks halaman website kita.

Analisis Domain Untuk SEO

Analisis domain untuk SEO ini sekali saya katakan hanyalah sebuah pendapat dan bukan hal yang pasti tetapi apakah ini menjadi salah satu faktor pendukung sangat bener. Menurut beberapa data dan pengalaman yang saya dapatkan saat mencoba belajar SEO ada beberapa memang yang harus kita perhatikan bersama :

  • Nama Domain
  • Deskripsi
  • Kata Kunci
  • Kategori, Arsip, Tag
  • Img alt
  • H1, H2, H3, H4
  • Paragraf, Link
  • Backlink

Contoh : kopimiraclegold.com > Jual Kopi Miracle > Kopi Miracle Golden Bull, Distributor Kopi Miracle, Kopi Miracle Jakarta > ……..> Kopi Miracle adalah Kopi Pilihan > link domain > backlink domain

Jadi saat Google coba mengindex sebuah halaman maka robot akan dengan otomatis menyimpulkan bahwa kopimiraclegold.com adalah web yang memberikan layanan penjualan kopi miracle. Mungkin menurut beberapa ahli SEO ini tampak seperti analisis amatir yang tidak akurat kebenarannya. Tapi bagi saya memang tidak ada yang pasti dalam SEO kecuali Algoritma Google itu sendiri.

Mudah-mudahan bermanfaat, sampai ketemu di penjelasan-penjelasan berikutnya. Salam Provokator……..

Pembicara Bisnis Online
Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online
>YA! Saya mau dikirimin GRATIS Tips Bisnis Online

Nama Lengkap :

E-mail address

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *