Tips & Trik Affiliate Marketing

Tips & Trik Affiliate Marketing

Sebelum anda baca lanjutannya saya pastikan sudah mengerti apa itu Affiliat Marketing. Karena pada tulisan sebelumnya juga sudah dijelaskan bagaimana cara kerjanya. Sebagai tambahan saja, bahwa untuk Affiliat Marketing ini juga berlaku buat produk fisik jadi jangan hanya terpaku pada produk electronik saja. Walaupun pada dasarnya kebanyakan dari pada Internet Marketing atau pelaku Bisnis Online menjual produk elektronik.

Seperti pada judul tulisan saat ini, saya ingin membagikan ‘Tips & Trik Affiliate Marketing, sesuai dengan pengalaman saya atau yang sudah pernah saya lakukan. Ketika Anda mencari ‘Tips & Trik Affiliate Marketing di Google.co.id anda akan menemukan banyak tulisan yang berbeda sesuai dengan pengalaman masing-masing. Tidak ada aturan baku memang, tetapi saya pikir ini bisa mewakili. Berikut 7 Tips & Trik Affiate Marketing :

  1. Cari Produk Terbaru (Produk Affiliate Marketing terbaru). Ya, menurut saya, anda harus menemukan trend yang terjadi saat anda ingin melakukan Affiliat Marketing. Karena bagaimana pun itu akan menjadi pembicaraan hangat baik melalui media televisi, koran, majalah, internet dan lain sebagainya. Untuk itu perlu anda mengamati apa yang terjadi di berbagai media tersebut. Sebagai contoh sejak Juni 2011 semua orang berbicara tentang Kenaikan Harga Emas yang terus meroket. Untuk itu anda bisa mencari beberapa affiliate tentang emas, berkebun emas, beternak emas, investasi emas dan lain-lain. Kemudian tentukan produk luar negeri atau dalam negeri.
  2. Segera lakukan pendaftaran (Registrasi Affiliate Marketing). Semestinya tidak perlu menunggu lagi, karena ini menjadi pusat perhatian. Segera Action mencari apa yang terbaik dan sangat cocok untuk dijadikan penghasil uang melalui affiliate tersebut. Perhatikan berapa komisi yang akan anda dapatkan disamping anda juga harus budget anda dan target pasar anda. Dipastikan anda akan mengeluarkan sejumlah uang agar anda bisa menjadi affiliatenya.
  3. Langsung Riset keyword (keywordstools, trends, insight). Sebenarnya anda bisa tukar point 2 dengan 3 terserah anda. Apakah anda harus melakukan riset dulu atau langsung action untuk registrasi itu keputusan anda sendiri. Keywordtools untuk kata kunci yang akan anda gunakan, kemudian Trends sebenarnya tidak diperlukan lagi karena anda sudah menemukannya yaitu emas dan selanjutnya insight banyak digunakan untuk kepentingan SEO dan tentu saja untuk meningkatkan traffic pengunjung. Karena layanan google ini memberikan informasi kata kunci / keyword sesuai hasil pencarian.
  4. Bundling URL / Persingkat. Ada banyak cara untuk melakukan bundling / persingkat / shorten dari afiiliate anda, sehingga calon pembeli memberikan rasa penasaran. Karena pembeli sekarang sudah pada pintar, begitu melihat bentuk link yang panjang maka biasanya langsung di abaikan. Ada beberapa yang bisa anda gunakan seperti bit.ly, lanjut.in dan google.com juga sudah bisa. Contoh : bit.ly atau lanjut.in.
  5. Buat Blog atau Website sesuai dengan topik affiliate anda. Mohon untuk tidak bertanya cara buat blog lagi, karena pada saat ini anda sudah berada pada tingkat lanjut, he.. he. Tapi tidak apa-apa kalau memang belum tau, silahkan ikuti workshop blogging yang kami buat. Tetapi intinya jika anda pemain baru silahkan menggunakan gratisan saja dulu bisa di blogspot.com atau lainnya. Tetapi pada wordpress.com bisanya tidak bisa. Sangat disarankan sebenarnya menggunakan yang berbayar sehingga lebih profesional.
  6. Review tentang produk affiliate. Banyak yang bertanya, lalu apa isi dari blog atau websitenya? Ya, anda tidak perlu ragu dan bingung, yang pasti adalah lakukan review atau ceritakan ulang tentang affiliate yang anda pasarkan. Ibaratnya ketika anda beli sebuah produk kesehatan, setelah anda konsumsi dan anda rasakan manfaatnya anda ceritakan kepada orang lain atau rekan-rekan anda. Biasanya kalau diceritakan secara lengkap mulai dari asal produknya, jenisnya, rasanya, khasiatnya dan kesaksian anda sendiri (testimoni), hal tersebutlah yang harus anda tuangkan dalam bentuk tulisan diblog. Efek sampingnya adalah ketika trafficnya banyak maka siap2 untuk panen dari bisnis afiliate marketing anda.
  7. Promosikan (iklan, email, groups, forum). Sebenarnya sama dengan toko atau warung, ketika anda buka warung apakah bisa langsung secara otomatis banyak pembeli? Kalau ia, berarti ada yang salah dengan anda. Tetapi menurut saya, perlu beritahukan kepada orang lain, via sms, iklan dan lain2. Begitu juga halnya dengan Affiliate Program anda juga harus tetap pasang iklan baik yang gratis atau berbayar. Bisa di tempat iklan gratis, facebook, twitter dan lain.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan anda menemukan banyak uang dari internet. Seperti kata GURU Internet Marketingku, harus konsisten dan komitmen. Jika konsisten maka sama seperti cerita Think Out of The Box yang pernah saya tuliskan.

Share

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online