Toko Online

Membuat Toko Online

Toko online adalah bisnis masa depan yang bisa membuat anda passive income. Dari beberapa jenis bisnis online yang sudah anda tau, bahwa ada yang menyebutkan bahwa Toko Online atau Online Store adalah bisnis yang paling mudah dilakukan.  Membuat toko online tidak perlu mengeluarkan modal besar karena tidak membutuhkan tempat, tidak harus mengurus izin usaha dan modal relatif kecil. Ada 4 pilar bisnis yang perlu anda tau sebelum anda melakukan bisnis online terutama untuk Toko Online atauOnline Store :

  1. Supply. Sebelum anda membuat toko anda sudah harus tau barang atau produk apa yang akan anda jual. Selanjutnya anda menentukan darimana anda mendapatkan supply barang tersebut. Untuk itu sangat disarankan mencari produk yang berbasis pelanggan atau berkelanjutan. Beberapa jenis produk yang paling laris dan disukai di internet adalah fashion dan lain2.
  2. Demand (Permintaan). Ada banyak yang meninggalkan bisnis online terutama Toko Onlinenya ketika sudah beberapa tahun produknya hanya bisa terjual 2 – 3 pcs. Untuk itu sangat disarankan mencari produk yang memang dibutuhkan oleh pasar atau karena memang ada pasarnya. Maka sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan menggunakan google trends, google insight.
  3. Support. Harus dipastikan bahwa untuk meningkatkan bisnis online anda tentu harus ada sarananya untuk mensupport salah satunya adalah website toko online. Disamping itu juga anda bisa menggunakan media sosial untuk mendukung bisnis anda seperti Facebook, Twitter, Blog dan lain-lain.
  4. Team Bisnis, Bila memang sudah dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan ada baiknya memang membentuk tim bisnis. Membangun toko online juga harus membangun kepercayaan (trust). Karena anda tau bahwa namanya toko online bayar dulu baru barang dikirim, untuk itu tim bisnis anda harus dapat memberikan yang terbaik untuk mendapatkan kepercayaan.

Setelah itu anda perlu tidak perlu ragu bahwa anda tidak memiliki pengetahuan tentang pemograman. Cara Membuat Toko Online saat ini tidak lagi sesulit jaman dulu pada waktu web 1.0. Kehadiran web 2.0 membuat anda melaju kencang karena cukup demgan menggunakan toko online wordpress atau sering juga disebut toko online berbasis wordpress. Tinggal klik-klak langsung jadi.

Jadi Peluang Bisnis Toko Online dari tahun ke tahun terus meningkat, hal ini seiring dengan peningkatan pemanfaatan media internet di Indonesia untuk pemasaran produk. Selain karena jumlah pengguna internet yang meningkat, program internet murah  dikarenakan banyaknya media dan wadah pembelajaran online marketing. Jelas Prospek toko online akan semakin besar.

Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.


shareSerials Online