Cara Affiliate Marketing Bekerja menghasilkan uang untuk Anda

Cara Affiliate Marketing Bekerja menghasilkan uang untuk Anda

Dari penjelasan saya sebelumnya tentu sekarang kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan ‘Affiliate Marketing’, tetapi jika belum tau silakan klik disini ! dan tentunya kita ingin tahu BAGAIMANA cara kerja bisnis ini di internet sehingga kita bisa menghasilkan passive income dengan cara sambilan! Dalam bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal dengan istilah ‘affiliate link’ atau banyak juga menyebutnya ‘refferal’, ‘webreplika’,’refferal link’ dan lain-lain.

Affiliate Marketing Program
Cara Kerja Affiliate Marketing

Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Cara kerja Affiliate Marketing adalah sebagai berikut:

Misalnya kita menemukan sebuah ‘produk online‘ yang ingin kita jual. Lalu kita melihat web site tersebut menawarkan program affiliate. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan. Atau biasanya ada juga yang memberikan 25% – 50% tergantung anda mau pilih yang mana.

Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima ‘cek’ (untuk komisi), email, nomor telepon, nomor rekening bank dll. Kita juga akan diminta untuk membaca ‘affiliate agreement’. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant.

Nah, setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah ‘affiliate link’ untuk kita.

Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan ‘affiliate ID’ kita, yang berfungsi mengidentifikasi KITA sebagai satu-satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi!

Contoh:
http://www.kebunemas.com/?id=petiemas

Bisa diperhatikan pada contoh di atas ada petiemas yang ditulis warna merah itulah yang menjadi Afiliate ID kita. Ada berbagai jenis ada juga yang ditulis dalam bentuk angka saja. Contoh lain adalah http://cafebisnis.com/?id=wp-plugin

Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Sangat disarankan affiliate linknya di bungkus dalam url singkat seperti bit.ly atau lanjut.in. Kemudian menempatkan link itu di web site kita atau di ’email signature’, dengan harapan ada orang yang akan ‘mengklik’ dan MEMBELI produk/jasa yang kita pasarkan tersebut.

Contoh : http://cafebisnis.com/?id=wp-plugin dikemas dalam url yang telah disingkat menjadi : http://cb8.me/pjsv4y

Nah, pada saat ada orang yang mengklik affiliate link kita dan melakukan pembelian, kita akan diberi komisi untuk penjualan tersebut! Tapi ingat lho! Orang ini HARUS benar-benar MELAKUKAN PEMBELIAN. Jadi bila anda tidak punya produk sendiri, untuk memulai bisnis online maka menjadi Affiliate Marketing menjadi sebuah pilihan karena tidak perlu memikirkan stok dan service after sales, Afiliate Merchant sudah mempersiapkan itu semua.

Dapat saya simpulkan secara GARIS BESAR cara kerja Affiliate Marketing adalah :

1. Cari Produk terbaru
2. Sesuaikan dengan nice atau kesukaan anda
3. Daftar ke Afiliate Merchant
4. Isi Profile dengan lengkap
5. Ambil Afiliate Link
6. Bungkus atau Kemas dengan url singkat seperti bit.ly atau lanjut.in
7. Promosikan Afiliate Link ke website, forum, social network dll
8. Siap2 terima penghasilan.

Oh ya perlu diketahui juga banyak model affiliate program yang ada di internet, sebai contoh Pay Per Sale, berarti akan membayar kita kalau terjadi penjualan. Pay Per Click, Kita akan dibayar jika ada yang Klik Dan lain – lain. Penjelasan tentang Jenis-jenis program affiliasi online ini akan di bahas pada posting berikutnya. Jangan lupa selalu tinggalkan tanggapan atau komentar anda pada kolom yang telah kami sediakan di bawah ini.

Pembicara Bisnis Online
Erianto Simalango, S.Kom
Berakar & Bertumbuh.

shareSerials Online
>YA! Saya mau dikirimin GRATIS Tips Bisnis Online

Nama Lengkap :

E-mail address

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *