Kursus SEO untuk UKM: Workshop, Pelatihan, Strategi Efektif

Seberapa Efektif Kursus SEO untuk UKM? Apakah cocok dan bagaimana caranya jika ingin kursus atau workshop, sebaiknya kalau ada yang tatap muka dengan protokol kesehatan.

Kursus SEO untuk UKM

Selama ini sudah banyak pelatihan tentang SEO untuk UMKM, hanya saja mungkin belum memberikan perhatian khusus.

Biasanya ada beberapa hal yang menghambat UMKM untuk Go Digital seperti memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization ;

  1. Tidak Cocok. Merasa bahwa SEO atau Digital Marketing untuk UMK tidak cocok, karena masih kategori usaha kecil dan mikro, jadi itu lebih cocok untuk perusahaan-perusahaan besar. Sehingga ketika ada pelatihan yang gratis pun di biayai oleh pemerintah atau lembaga tertentu, terbaikan.
  2. Masalah SDM. Bahwa gagap teknologi menjadi alasan sehingga takut untuk mencoba. Padahal semua kita memang di awal gaptek, makanya perlu belajar secara bertahap dan berkelanjutan. Disisi lain, juga mau merekrut karyawan yang sudah pengalaman dibidang digital marketing belum banyak tersedia.
  3. Biaya Mahal. Memang saat ini kelas pelatihan digital marketing tergolong mahal, karena biasanya pengalaman yang bertahun-tahun di uji lalu di ajarkan menjadi alasan biasanya. Kemudian selain itu, biasanya karena paket lengkap, kalau anda bertahap tentu juga bisa dicicil.

Mungkin saja masalah lain juga masih banyak, tetapi dengan belajar secara bertahap dan sudah mulai, anda pasti bisa, cocoknya memang anda bisa ikut kursus-kursus singkat, simak selengkapnya.

Apa itu Kursus SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Tujuannya untuk mengoptimalkan mesin pencari agar menampilkan website anda di halaman pertama sehingga bisa dilihat oleh calon pembeli anda.

Banyak perusahaan atau organisasi atau perseorangan memutuskan untuk memberikan kepada jasa seo atau perusahaan agency, karena mereka merasa tidak mampu untuk melakukannnya.

SEO bertujuan untuk mendatangan pengunjung ke website anda sehingga berpotensi untuk mendapatkan penjualan dari website anda.

Tetapi bagi sebahagian orang yang terbatas masalah anggaran dan menghindari ketergantungan terhadap biaya untuk SEO, mereka memutuskan untuk mengikuti Kursus SEO, terutama untuk Kursus SEO untuk UKM.

Apa saja biasanya yang perlu di persiapkan?

  1. Mau belajar paling utama
  2. Memiliki laptop agar lebih optimal
  3. Mempersiapkan investasi untuk kursus
  4. Langsung praktekkan ilmu-ilmu yang sudah anda pelajari

Materi Pembelajaran Kursus SEO untuk UMKM Pemula ;

  1. Riset Online Dan Analisa Kompetitor
  2. Dominasi Google Dengan Media Gratisan atau Website
  3. Mengoptimasi Media Sosial
  4. Mengoptimasi Forum

Ini hanyalah ringkasan semata, sebenarnya untuk lebih detailnya sangat panjang. Maka perlu dilakukan secara tertahap dan selalu dilakukan evaluasi. Kalau kata guru saya continueal improvement.

Lebih detailnya;

Materi Kursus SEO untuk UKM

Materi Belajar Internet Marketing

  1. Pondasi Digital Marketing.
  2. Teknik membidik pasar dan calon konsumen yang tersegmen dan tertarget
  3. Langkah langkah optimasi yang efektif agar menguasai dan mendominasi pasar online (Google Search Engine Marketing Domination).
  4. Riset Kata Kunci.
  5. Video Marketing.
  6. Dokumen PDF Marketing.
  7. Blog Marketing.
  8. Dominasi Marketplace
  9. Seo Onpage & Seo Offpage
  10. Teknik mengalahkan kompetitor.
  11. Backlink
  12. Social Media : Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Linkedin.
  13. Cara Membuat Konten Artikel Unik dengan Cepat dan Mudah

Masih banyak lagi, tetapi biasanya dalam pembelajaran akan di uraikan secara detail.

Kursus SEO Untuk UKM

Biasanya akan muncul pertanyaan, apakah di ajari nanti tentang IG Ads dan Facebook Ads? Agar nanti promosi kita bisa muncul di depan pengguna facebook atau di story?

Jadi berbicara tentang SEO adalah pengoptimalan mesin pencari dengan cara organik atau gratisan. Sedangkan menggunakan FB Ads atau IG Ads itu masuk dalam iklan berbayar dalam hal ini Social Media Advertising.

Jadi tidak di pelajari, karena beda lagi bidangnya.

Jika anda sudah memutuskan mengikuti kursus, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, agar nanti anda puas dengan apa yang anda harapkan.

Meningkatkan Brand Awareness

Sering kali para konsumen berharap begitu ikut kursus SEO, langsung mendapatkan penjualan yang dasyat dan banjir order padahal semua butuh proses.

SEO itu hanyalah sebahagian strategi dalam digital marketing. Tetapi ketika website anda sudah teroptimasi dengan baik, maka anda akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa baik itu untuk merek anda dan juga tingkat penjualan.

Sebagai contoh, awalnya orang tidak mengenal anda, tetapi ketika ada yang mencari baju yang bagus untuk ibu hamil dan mereka menemukan website anda di google, maka inilah yang membuat website anda semakin terpercaya.

Semakin banyak orang yang mengenal website anda, merek anda semakin tinggi tingkat kepercayaan mereka terhadap merek anda. Inilah sebenarnya goalnya, maka efek sampingnya adalah penjualan.

Padahal itu baru dari 1 kata kunci, bagaimana dengan kata kunci yang lain? Pertanyaannya, sudahkah website anda muncul di halaman google dengan kata kunci target anda?

Hemat Biaya

Loh, hemat biaya gimana? Kan mahal biaya kurus SEO? kata temen saya. Untuk di awal mungkin ya, tetapi ketika anda sudah bisa, sebenarnya tidak mahal. Hanya saja memang, ketika anda tidak menggunakan strageti yang tepat, anda akan kehabisa uang dan waktu.

  1. Rencanakan dengan baik
  2. Gunakan strategi yang tepat
  3. Banyak belajar dari berbagai sumber
  4. Jangan pelit investasi ilmu di awal

Jika anda sudah bisa menggunakan secara optimal, maka peluang anda untuk mendapatkan income yang besar akan semakin terbuka.

3. Mendapatkan Data Konsumen

 

SEO

UMKM

STRATEGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *