Pelatihan Digital Marketing untuk Property dengan Teknik SEO

Pelatihan Digital Marketing untuk Property dengan Teknik SEO

Cara jual rumah lewat online gimana dong pak, tolonglah jualin rumah saya? Apakah dengan Teknik SEO bisa menjual rumah lewat online atau internet?

Cara Menjual Rumah Via Online
Cara Menjual Properti Secara Online dengan SEO

Baik, pertanyaan ini sering juga saya terima dari temen-temen yang jual properti dan juga bagi mereka yang punya rumah pengen dijualkan karena sudah lama tidak laku juga terjual.

Materi yang di Pelajari

Selain itu juga ada yang bilang, saya sudah gunakan teknik SEO pak, tetapi saya melihat website atau jualan saya gak juga naik di halaman satu google. Gimana caranya agar website saya masuk ke halaman 1 google.

Kira-kira itu permasalahan dari kebanyakan dari pemain di properti yang akan kita bahas disini ya.

Sebenarnya apapun tekniknya tetap bisa dilakukan, tetapi khusus untuk SEO Jualan Property saya ingin kupas tuntas agar temen-temen dapat gambaran sehingga nanti dalam prosesnya anda bisa praktek langsung ya.

Dalam Digital Marketing itu terutama dalam hal SEO yang paling awal penting anda pahami adalah tentang search intent dan customer jurney.

Jadi apa yang dipelajari ?

  1. Memahami Search Intent
  2. Melakukan Riset Kata Kunci
  3. Mempersiapkan Brosur
  4. Optimasi Media Promosi (Username / Title / Description / Tags)

Kira-kira secara detailnya seperti di bawah ini :

Cara Jual Rumah Cepat Lewat Online

Pada prinsipnya kalau menggunakan internet selalu kami sarankan di awal adalah melakukan pemahaman terhadap konsumen anda. Bagaimana konsumen anda mencari informasi yang berhubungan dengan properti atau rumah.

Karena itu penting sekali dilakukan namanya Riset. Riset disini ada beberapa hal seperti riset kata kunci, riset tentang pasar dan riset tentang kompetitor anda bagaimana mereka di online.

Jadi sebenarnya dari kompetitor juga kita bisa banyak belajar, karena itu selalu saya bilang, ikuti saja polanya ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Sering juga saya sampaikan dalam beberapa pelatihan digital marketing untuk Properti di Pekanbaru. Ketahui 4 hal ini :

BERDASARKAN LETAK / NAMA DAERAH / KOTA

Cara Menjual Rumah Lewat Internet
Jual Rumah Secara Online Berdasarkan Lokasi

Salah satu alasan mengapa jualan anda tidak tampak di halaman 1 google? karena memang anda tidak menempatkan kata kunci yang tepat, atau juga bisa karna anda membuat kata kunci terlalu singkat.


“Buatlah Kata kunci berdasarkan sudut pandang pembeli berdasarkan kekuatan lokasi anda”

Contoh begini, ada yang jual rumah di Pekanbaru, jadi dia berharap, ketika orang mengetikkan jual rumah di Pekanbaru, maka muncullah promosinya. Ini kesalahan fatal, karena apa?

  1. Pencari informasi tersebut belum jelas dia mau cari rumah apa
  2. Terlalu luas, sehingga anda harus bersaing dengan para pemain properti kelas kakap

Makanya harus di kuatkan secara spesifik dengan lokasi anda dimana property yang anda jua.

Kalau anda lokasinya di Panam Pekanbaru, misalnya, maka anda bisa langsung membuat kata kunci : Jual Rumah 2 Lantai di Pekanbaru Panam Jalan Suka Karya.

Mengapa harus lengkap?

  1. Karena pembeli yang mencari spesifik itu jelas dia pengen tinggal di daerah itu, ada kemungkinan karena hunian disana rame, karena lokasinya dekat kampus dan lain sebagainya.
  2. Ketika pembeli mencari sampai menentukan lokasi detail bahkan menyebutkan nama jalan, mungkin juga udah mendapatkan referensi dari keluarga dan lain sebagainay.

Jadi memang harus dibuat secara detail ya.

Berdasarkan Fasilitas

cara jual rumah di marketplace facebook
Cara jual rumah di marketplace facebook teknik SEO

Yang kedua adalah berdasarkan kekuatan fasilitas dari properti anda. Apa saja fasilitas yang ada pada properti yang anda jual? Tentu anda yang tau, tapi kita coba saja berdasarkan hasil riset juga bisa :

  1. Rumah yang ada kolam renang
  2. Rumah yang ada rooftop
  3. Rumah yang ada liftnya
  4. Rumah yang ada kolam renang dan taman
  5. Rumah yang ada tamannya

Masih banyak fasilitas lainnya, ini saya dapatkan berdasarkan kata kunci yang ada di google. Jadi memang anda harus benar – benar faham apa yang mereka butuhkan. Lalu anda siapkan dengan properti yang anda miliki, apakah memang ada fasilitas itu.

Sehingga ketika anda membuat judul postingan untuk promosi anda, harusnya anda bisa membuat : jual rumah di Pekanbaru yang ada kolam renang dan taman lokasi panam.

Jadi bisa dikombinasikan berdasarkan kata kunci yang ada pada kekuatan daerah yang pertama.

Berdasarkan Kekuatan Area

Kekuatan Area itu maksudnya gimana pak? Ya.. jadi kekuatan area itu maksudnya dekat dengan fasilitas seperti mall, bandara, pusat bisnis dan lain sebagainya.

Anda tinggal memetakan, kira-kira kekuatan properti anda ketika anda memilih lokasi itu apa? Pasti ada dong ya. Karena itu anda boleh lihat daerah sekitar anda apa.

Contoh :

  1. Dekat dengan bandara
  2. Dekat dengan kampus
  3. Dekat dengan Sekolah
  4. 15 Menit ke Pusat Bisnis
  5. dan lain – lain

Setelah anda mendapatkan ini, maka sama halnya seperti dijelaskan dengan point 1-2 di atas, anda cukup menambahkan kata kunci umum dengan spesifiknya.

Contoh Judul postingan yang bisa anda gunakan adalah : Jual Rumah Tipe 54 di Pekanbaru Ada Kolam Renang dekat dengan Bandara atau rumah bulatan dijual di pekanbaru kota kecamatan bukit raya ada taman dan kolam renangnya.

Mudah-mudahan makin faham dengan apa yang sudah dijelaskan dari point 1 – 3 kemudian yang ke 4 bisa berdasarkan kemampuan bayar.

Kemampuan Bayar

cara menjual rumah secara online
cara menjual rumah secara online berdasarkan kemampuan bayar

Jarang sekali para penjual memperhatikan dari sudut pandang pembeli yaitu kemampuan bayar. Kita tau ada beberapa metode :

  1. Tunai
  2. Kredit
  3. Cicilan
  4. Subsidi
  5. Down Payment (DP)
  6. dan lainnnya silahkan ditambahkan kalau masih ada

Ini anda harus cari kata kuncinya di google ya berdasarkan kemampuan bayar, setelah itu anda kumpulkan. Sebagai contoh :

  1. Over kredit rumah subsidi di Pekanbaru
  2. Kredit rumah subsidi pekanbaru
  3. Rumah Cicilan 1 jutaan di Pekanbaru

Masih banyak lagi kata kunci yang berkaitan dengan kemampuan bayar, karena itu anda harus terus melakukan expolari terhadap pencarian kata kunci, sehingga anda bisa menemukan pembeli yang tepat, tetapi targetnya adalah promosi anda tampil di halaman 1 google.

Persiapkan Brosur Property

Setelah anda mengetahui target tersebut, maka langkah berikutnya adalah anda mempersiapkan brosur dengan berbagai bentuk :

  1. Tulisan
  2. Gambar
  3. Powerpoint
  4. PDF
  5. Video
  6. Audio (Podcast)

Mengapa anda harus memiliki 6 jenis brosur tersebut? Karena memang setiap orang memiliki kesukaan terhadap media yang di baca. Bisa saja ada yang suka dengan tulisan, ada yang suka dengan gambar atau juga dengan audio saja.

Pemilihan Media Digital

Ada berbagai media digital yang bisa anda pilih di Online sehingga anda bisa lebih tertarget.

Website

Pemiliki Properti, Broker, Sales, Marketing, Agency sebaiknya memang anda memiliki website agar bisa lebih powerfull dan pemasaran anda lebih optimal, setiap orang bisa melihat apa saja yang anda di website anda.

Tetapi jika anda perseorangan hanya pemiliki 1 rumah untuk dijual, anda bisa memilih fasilitas gratisan yang dapat membantu anda jual propertinya secara cepat.

Marketplace

Ini adalah fasilitas gratisan yang bisa anda pilih. Beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan adalah :

  1. Facebook Marketplace
  2. OLX
  3. Rumah123
  4. Lamudi dan lain sebagainya

Caranya cukup anda ketik digoogle, tentang marketplace properti, lalu anda daftar disana sesuai dengan teknik kata kunci yang kita bahas di awal tadi.

Forum

Mirip seperti marketplace, bahwa sebelum kehadiran marketplace dan sosial media sebenarnya, sudah lebih dulu properti hadir dengan fasilitas seperti forum.

Seperti Kaskus, Formdetik, propertigue, rumah.com dan masih banyak lagi, polanya sama, anda harus cari / search digoogle dengan kata kunci forum jual beli properti di indonesia atau di daerah andan.

Social Media

Terakhir adalah social media, anda bisa juga gunakan seperti facebook fanpage, facebook pribadi, youtube, instagram dan lain sebagainya.

Tentu memang setiap media perlu teknik yang berbeda, kalau perlakukan menggunakan social media harus ada edukasi dan lain sebagainya, teknik seo untuk property ini juga tetap bisa digunakan.

Pelatihan Digital Marketing Properti untuk Sales / Marketing silahkan diatur jadwalnya kami siap membantu baik untuk umum maupun inhouse training.

No.KegiatanDurasiMedia
1.Kelas Pemula4-6 JamGratis
2.Kelas Advance4-8 JamWebsite

Terakhir tergantung anda seberapa serius dan konsisten dalam melakoni untuk prakteknya. Saran saya silahkan gas poll semangatnya dan konsisten untuk melakukan promosi dan posting setiap hari, bukan postingan 1 hari 100 lalu besok berhenti 6bulan. Untuk strateginya digital marketing property juga sudah pernah saya bagikan, silahkan di pelajari secara mandiri juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *