Pelatihan Digital Marketing untuk UKM di Pekanbaru Tahun ini

Pelatihan Digital Marketing untuk UKM di Pekanbaru Tahun ini

Penting BANGAT, Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM di Pekanbaru, apagi di saat Covid-19 ini terus bergerak ke New Normal, agar bangkit lagi dari keterpurukan.

Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Pekanbaru
Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Pekanbaru

Sayapun kadang – kadang bingung lagi mau basa – basi, jadi mending langsung to the point aja ya, karena memang kita harus bergerak cepat, makanya saya lebih senang kalau Pelatihan Digital Marketing di Pekanbaru untuk praktek langsung.

Pelatihan Digital Marketing

Pelatihan Digital Marketing UMKM adalah salah satu cara yang paling tepat dalam mempercepat perumbuhan penjualan, karena marketnya cukup luas kalau bisa dimanfaatkan dengan opitimal.

Jadi tidak tertutup kemungkinan anda tetap melakukan kegiatan marketing yang biasa agar informasi produk anda sampai kepada calon pembeli senbanyak mungkin dan sesering mungkin

Tetapi dengan kehadiran Internet bisa sebagai alat / tools untuk menyampaikan pesan yang mungkin selama ini jangkauan anda terbatas lokal saja dengan internet atau dengan serba digital ini bisa mempercepat dan semakin luas informasi tentang produk dan merek anda.

Sebagai pemula 3 hal ini paling penting ketika anda masuk ke dunia online (digital marketing) agar anda bisa persiapkan :

Kenali Produk Anda

Kebanyakan ketika para peserta masuk dalam training digital marketing jadi bingung cara menjual produknya / jasanya, padahal sebenarnya prinsipnya sama aja dengan hal yang biasa dilakukan. Hanya saja dengan Digital anda perlu menuliskannya agar orang lain bisa tau.

Untuk pelayanan atau penjualannya apakah :

  • Grosir / Ecerah, apakah anda menjualnya secara grosiran atau eceran?
  • Lokal / Nasional, apakah anda menjualnya langsung ke nasional atau hanya sekitar kecamatan anda, kota anda tinggal atau sudah bisa antar propinsi?
  • Kelebihan Produk anda, apa yang bisa membuat anda tampil beda, biasanya sering saya sebut, mengapa saya harus beli produk anda? sehingga orang mau mengeluarkan uangnya untuk anda.

Ketahui Calon Pembeli Anda (Target Market)

Ketika anda masuk ke dunia online, maka ada beberapa kategori pasar yang bisa anda sasar, dimana kemungkinan calon pembeli anda akan berkumpul atau datang ke lapak online anda. Ada 4 pasar di online yang bisa anda sasar / bidik :

  1. Mesin Pencari dalam hal ini Google untuk Indonesia
  2. Sosial Media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Watsapp dan lainnya
  3. Marketplace, antara lain Shoope, Tokopedia, Bukalapak, Marketplace Facebook dan lainnya
  4. Forum, biasanya dalam forum ini lebih spesifik berdasarkan forumnya seperti kaskus, forum jual beli mobil, forum jual beli properti, watsapp grup, fb grup dan lain sebagainya.

Target dan Evaluasi

Untuk tahap awal bagi anda yang masuk ke dunia digital marketing, harus punya target dan evaluasi, bukan hanya berbicara tentang target omset tapi juga target promosi. Apa saja yang harus di evaluasi ?

  • Media Promosi : Anda sudah melakukan posting brosur anda dimana saja dan seberapa sering anda lakukan.
  • Jumlah Prospek : Berapa jumlah wa/telepon yang masuk tiap minggu/ tiap harinya dari postingan yang sudah anda lakukan?
  • Jenis Media : Pembeli yang datang itu paling banyak dari media apa atau dari pasar mana (Mesin Pencari, Sosmed, Marketplace atau Forum) ?

Setelah melakukan hal tesebut, maka langkah berikutnya adalah melakukan target dan evaluasi untuk :selalu buat target dan evaluasi untuk:

  • Target jualan perminggu/perbulan
  • Agenda promosi harian berapa banyak
  • Lakukan evaluasi tiap minggu/ tiap bulan
  • Paling Sering kirim ke kota mana

Tahapan Digital Marketing

Kebanyakan dari UMKM kita sudah melekat dengan perangkat digital tapi belum bisa memaksimalkan yang melekat tersebut. Kecuali anda sudah mastah atau suhu ya. Karena itu anda perlu mempersiapkan :

  1. Email, yang bisa digunakan berkomunikasi dengan pelanggan biasanya untuk perusahaan untuk mengirimkan penawaran.
  2. Nomor HP/WA (kontak untuk dihubungi pembeli)
  3. Foto produk (sebanyak mungkin dan sudah watermark)
  4. Kalimat Promosi (Deskripsi / Penjelasan Produk)
  5. Kota-kota yang ditargetkan
  6. Kata kunci : apa yang diketikkan calon pembeli untuk mencari di internet, berfikirlah dari sudut pandang pembeli.

Riset Kata Kunci (Keyword)

Untuk mengetahui kata kunci yang dicari oleh pembeli di online harus menggunakan alat (tools). Ada 3 tools untuk riset yang paling sederhana dan mudah digunakan :

  1. Google Search : Mesin pencari biasa yang kita gunakan, biasanya dengan menggunakan alat ini kita dapat mendapatkan kata-kata yang sering di ketikkan dan turunannya.
  2. KeywordTool io : adalah alat lain diluar dari mesin pencari yang biasanya sudah menyimpan beberapa kata kunci.
  3. Google Trends : Alat untuk mencari kota – kota yang membutuhkan produk yang anda jual.

Ketika anda melakukan riset, maka sebaiknya ada beberapa hal yang harus anda lakukan :

  1. Logout : Pastikan bahwa akun anda tidak dalam kondisi login agar hasilnya bebas atau independen, tapi kalau anda tidak mau logout, anda boleh lakukan dengan mode penyamaran.
  2. Hostory : Bersihkan riwayat/history browser anda agar nanti memberikan hasil yang maksimal, caranya langsung tekan 3 tombol ini secara bersamaan pada keyboard anda ctrl+shift+delete

Spesifikasi Kata Kunci

Kata kunci biasanya saya bagi dalam 4 agar bisa nanti dipahami, mana kata kunci yang harus digunakan paling utama dan mana yang urutan belakangan. Biasanya menggunakan tools google search.

Kata Kunci Ide :

adalah kata kunci yang berasal dari ide anda sendiri atau dari produk anda saat ini. Contoh kalau anda punya produk mau jualan keripik, maka yang menjadi kata kunci idenya adalah keripik.

Contoh :

  • Keripik Ubi,
  • Keripik Singkong,
  • Keripik Balado dan lainnya

Kata Kunci Lokasi :

Kata kunci ini berdasarkan target kota, sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kota mana saja yang membutuhkan produk anda? Ketika anda ketik digoogle biasanya sudah ada muncul misalnya : target kota. Biasanya untuk mengetahuinya menggunakan google trends.

Contoh :

  • Keripik Ubi Pekanbaru
  • Keripik Ubi Padang
  • Keripik Ubi Jambi
  • Keripik Ubi Jakarta

Kata Kunci Transaksi (Buying Keyword);

Kata kunci ini saya sering juga sebut dengan kata kunci ber-uang, karena kata kuncinya mengarah ke transaksi jual beli. Biasanya mengandung kata-kata jual, harga, diskon dan lain-lain.

Contoh buying keyword :

  • jual keripik ubi
  • harga keripik ubi
  • produsen keripik ubi
  • distributor keripik ubi
  • agen kerupuk balado

Kata Kunci Informasi

Adalah kata kunci yang sifatnya mengandung informasi, cara, tips atau pengertian. Biasanya di awal atau akhir kalimatnya cara, tips, adalah, apa itu dan lainnya.

Contoh :

  • Cara membuat keripik ubi
  • Tips membuat keripik ubi
  • Keripik Balado adalah
  • Keripik Ubi adalah

Target Kota

Jika layanan produk anda nasional, maka anda bisa melihat target kota mana saja yang akan anda bidik, Nah ada 2 Fungsi google trends yang bisa anda dapatkan :

  1. Untuk melihat kota/provinsi dari orang yang mengetikkan kata kunci produk anda
  2. Membandingkan kata kunci yang paling banyak dicari/tingkat pencarian tinggi, agar anda bisa melihat prioritas mana yang harus anda eksusi terlebih dahulu.

Pemilihan Media Promosi

Ada banyak media promosi gratisan dan berbayar di internet yang bisa kita gunakan. Bila anda pemula anda boleh memulai dari hal yang sederhana atau yang media dengan fasilitas gratis tetapi dapat memberikan dampak yang luar biasa untuk bisnis anda.

Apa saja media yang bisa anda gunakan secara gratis di awal, berikut ini adalah beberapa medianya :

  1. Google My Business (GMB)
  2. Youtube
  3. Blogspot/Wordpress
  4. Facebook halaman/Fans page
  5. Website
  6. dan masih banyak media lain yang bisa anda gunakan, tentu sesuaikan dengan kemampuan anda.

Tips Mudah Masuk Halaman Google

Seperti kita bahas sebelumnya, bahwa untuk masuk di halaman 1 mesin pencari google, sebagai salah satu pasar yang harus kita sasar perlu teknik.

  1. Kata Kunci Spesifik. Gunakan kata Kunci yang spesifik (long tail keyword) biasa mengandung 3 kata atau lebih.
  2. Kata Kunci Transaksional, prioritaskan kata yang mengandung kata kunci transaksional (buying keyword) atau tambahkan kata-kata transaksi di awal kata kunci.
  3. Kata Kunci Lokasi, selain menggunakan spesifik dan transaksional juga yang mengandung kata kunci lokasi biasaya di akhiri dengan nama kota.

Untuk lebih jelas penggunaan kata kuncinya adalah sebagai berikut :

  1. Produsen Kerupuk Ubi Murah di Pekanbaru
  2. Distributor Kerupuk Ubi Mentah Murah di Padang
  3. Jual Grosir Kerupuk Ubi Mentah di Pekanbaru
  4. Agen Kerupuk Kerupuk Ubi Murah di Jambi
  5. Supplier Kerupuk Ubi Mentah di Pekanbaru

Menggunakan Media Video

Salah satu trends yang sangat disukai pasar saat ini adalah video. Maka semua media online menyediakan fasilitas video atau paling tidak dalam 1 tulisan selau melampirkan (embed) 1 gambar dan 1 video paling tidak.

Baca juga : Cara Membuat Foto Produk yang menarik

Maka anda sebagai penjual atau pemasar hadirlah untuk mempromosikan produk atau jasa anda dalam bentuk video.

Persiapan yang harus anda lakukan dalam media video Youtube untuk anda yang tidak bisa membuat video, bisa menggunakan gambar saja lalu disusun dalam bentuk slide show.

Gunakan Aplikasi yang paling mudah yang bisa anda gunakan, beberapa aplikasi yang paling mudah dan persiapan lainnya adalah :

  1. Powerpoint
  2. Aplikasi di Android seperti Viva video, Video maker, kinemaster dll
  3. Akun Gmail
  4. Kata Kunci Spesifik sesuai yang di jelaskan di atas.
  5. Deskripsi produk yang sudah disusun atau kalimat promosi tentang produk anda yang sudah dilengkapi dengan nomor kontak dan hastag
  6. Jika sudah siap silahkan di upload setiap hari, sesuai dengan jumlah judul atau kata kunci spesifik yang sudah anda siapkan
  7. Untuk Upload Video sangat disarankan 3-5 saja perhari agar tidak dianggap nanti sebagai robot.

Jika anda tidak memiliki laptop anda juga bisa menggunakan handphone anda untuk mengupload ke internet.

Kesimpulan

  1. Riset Kata Kunci : Agar iklan anda lebih tertarget sebaiknya anda lakukan riset dengan kata kunci yang lebih spesifik.
  2. Google My Business anda bisa install di smartphone anda agar bisa pengunjung datang ke tempat anda menggunakan map dan memberikan informasi-informasi terbaru di postingannya.
  3. Sebarkan brosur anda di Youtube agar semakin luas target market anda sesuai dengan target kata kunci dan kota.
  4. Anda harus memahami kata kunci secara mendasar, karena kunci dari segala kata kunci adalah kata kunci.

Semoga bermanfaat dan terus kerjakan yang paling mudah sambil diberikan evaluasi dari setiap yang sudah dikerjakan sesuai dengan target-target yang ingin anda capai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *