Pembicara Digital Marketing Medan Untuk UMKM & Pemula SEO

Bingung mengundang Pembicara Digital Marketing Medan untuk mengisi kegiatan seminar / workshop / pelatihan / training di lingkungan anda? Ketahui beberapa hal ini sebelum anda memutuskan untuk mengundangnya.

Pembicara Digital Marketing Medan UMKM

Kami senang pada akhirnya banyak bermunculan Pembicara Digital Marketing yang bisa membantu para pemula, UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro), Pengusaha, Sekolah & Kampus masuk ke dunia digital.

Karena memang sudah saatnya kita masuk dunia digital dan tidak bisa dihindari bahwa proses digitalisasi harus jalan tanpa harus memandang jenis usaha, skala dan lainnya.

Teringat pada tahun 2014 ke bawah masih kesulitan mencari pemateri digital marketing, karena memang bidang ini belum ada di sekolah maupun dikampus, tetapi beruntung saat ini sudah banyak yang bisa menjadi narasumber digital marketing.

Yang menjadi tugas para penyelenggara saat ini justru bingung mau mengundang yang mana, karena memang berbicara tentang digital marketing itu pasti cakupannya luas.

Sebelum kita lanjutkan, ada baiknya kita bahas dulu secara singkat tentang digital marketing.

Apa itu Digital Marketing

Digital Marketing adalah upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan merek, produk dan jasa kepada konsumen dengan tepat waktu dan tepat sasaran.

Apa itu Digital Marketing Spesifik

Secara umum pemasaran digital menggunakan 3 metode ;

  1. Menggunakan Mesin Pencari (Search Engin)
  2. Menggunakan Media Sosial (Social Media) dan
  3. Email Marketing

Dimana dalam penggunaan ketiga metode tersebut memiliki beberapa strategi yang berbeda, tetapi paling tidak ketiganya menggunakan konten seperti ;

  1. Tulisan (Artikel)
  2. Gambar
  3. Video dan
  4. Audio

Anda selama ini juga mungkin sudah menggunakannya.

Mengapa Digital Marketing

Saya sendiri lebih focus bagi para pemula dan UMKM, karena memang jumlah di level pemula ini masih sangat banyak sekali.

Pembicara Digital Marketing Medan1

Disisi lain selama ini masih berfikir bahwa digital marketing itu hanya untuk perusahaan besar, perbankan, pemerintah dan lainnya, padahal berlaku untuk semua sektor.

Karena itu pemerintah pun mengambil peran untuk mengadakan berbagai pelatihan dan juga sertifikasi bagi para lulusan agar mereka juga mulai melek digital, bukan hanya sekedar menghabiskan waktu bermain sosial media atau game.

Tidak ketinggalan, para UMKM juga digesa agar memasarkan berbagai produknya menggunakan media digital apakah itu menggunakan marketplace, sosial media maupun webiste.

Lalu mengapa kita harus digital marketing? Mari kita simak penjelasan berikut ini

Jumlah Pengguna Internet

Hanya dalam waktu 2 tahun terakhir pengguna internet Indonesia itu bertambah sekitar 8juta pengguna, tahun 2020 sekitar 196,7 juta jiwa dan pada tahun Januari 2022 sudah mencapai 204,7 juta pengguna internet di Tanah Air atau sekitar 73,7% dari jumlah penduduk.

Ini menjadi potensi yang luar biasa dan juga menjadi peluang jika anda bisa menawarkan produk anda kehadapan para pengguna tersebut.

Disisi lain bahwa kebiasaan belanja pengguna Internet juga berubah, kalau dulu ada rasa takut, misalnya tertipu karena harus transfer dulu, tetapi sekarang malah sudah bisa bayar ditempat. Apalagi sejak Covid-19 melanda seluruh dunia, aktivitas belanja online di Indonesia selama pandemi, mengalami peningkatan sebesar 25-30%.

Jangkauan Pasar Luas & Tepat Sasaran

Kalau selama ini anda hanya melayani pelanggan sekitar kota atau bahkan hanya dalam satu kecamatan saja dengan digital anda bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Saya sendiri selama ini menggunakan pemasaran secara digital dan penjualan saya bisa dari Sabang sampai Merauke bahkan ke luar negeri seperti ke Malaysia, Filipina, Hongkong dan Taiwan.

Oh ya saya juga pernah ngirim barang ke Yunani dan Afrika Selatan.

Kalau menggunakan pemasaran tradisional saja tentu ini tidak bisa, tetapi dengan digital kita bisa menjangka dunia tanpa batas, terutama Indonesia, yang penting anda bisa mengoptimalkannya. Karena dunia ada dalam genggaman anda hanya dengan satu klik saja.

Yang lebih menarik anda bisa menargetkan dengan tepat sasaran seperti umur, tinggal dimana, pria dan lainnya, hanya dengan media online.

Hemat Biaya Promosi dan Menguntungkan

Tentu sudah hemat biaya, bukan berarti tanpa biaya. Melihat jangkau pasar yang luas tadi, kalau anda harus promosi ke luar pulau tentu akan mengeluarkan biaya besar.

Kita ambil saja contoh, Saya tinggal di Pekanbaru, kalau saya mau menjangkau pasar luar Pekanbaru dengan pemasaran tradisional, ada 3 cara paling umum digunakan ;

  1. Menggunakan pemasangan iklan di media massa (koran) nasional atau daerah lain.
  2. Memasang iklan di televisi atau radio nasional
  3. Mengikuti pameran di daerah tersebut.

Itu dulu yang dilakukan.

Tetapi sekarang tidak perlu demikian, anda cukup dengan media online, dari berbagai penjuru daerah bisa melihat promosi anda. Bahkan hanya dengan smartphone dan biaya paket internet sudah bisa menawarkan barang anda secara live dan disaksikan oleh ratusan orang.

Hemat biaya bukan? Tentu untung juga lebih besar, tinggal anda bagaimana mengelola.

Lebih Dekat dengan Pelanggan

Media digital mengubah segalanya, anda bisa langsung berkomunikasi kapan saja, apakah itu melalui email, aplikasi messenger, media sosial, chat dan juga video call.

Anda tidak perlu harus buat janji presentasi dan lainnya, karena pelanggan mempunyai kesempatan untuk melihat produk anda secara digital selama 24 jam melalui website dan mereka juga bisa langsung.

Jadi anda bisa mengenal pelanggan, berkomunikasi, berinteraksi, bahkan membangun hubungan yang solid demi terciptanya pelanggan-pelanggan yang loyal akan produk dan jasa yang Anda tawarkan, menarik bukan?

Analisis Data Cepat dan Tepat

Yang paling menarik lagi adalah anda bisa menganalisi data dengan cepat dan tepat. Mengapa? Karena dengan media digital anda bisa paling tidak 3 hal ini ;

  1. Menganalisis kebutuhan para pelanggan Anda,
  2. Kebiasaan mereka dalam berbelanja,
  3. Produk-produk yang mereka sukai

Jadi tunggu apa lagi? Mengapa anda harus berlama-lama? toh juga setiap hari anda menghabiskan waktu minimal 4 jam sehari, menggunakan media online.

Belajar Digital Marketing

Nah, tenang ada 2 metode belajar yang bisa anda pilih ;

  1. Belajar otodidak dengan menggunakan metode pembelajaran mandiri, anda cari materi-materinya di internet seperti Youtube. Jadi anda luangkan waktu anda untuk mempelajarinya lalu coba anda praktekkan sendiri.
  2. Belajar langsung dari ahlinya, karena itu anda bisa membuat pelatihan langsung dengan komunitas anda, karyawan anda ataupun organisasi anda, hal ini akan lebih mudah karena bisa menghemat waktu anda tanpa pusing coba-coba.

Untuk itu penting anda ketahui apa saja yang perlu mengundang Pembicara digital Marketing Medan.

Pembicara Digital Marketing Medan

Kota Medan salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera, dengan julukan Paris van Sumatera dengan jumlah penduduk 2,44 juta jiwa.

Seperti dirilis sumutpos bahwa pada tahun 2021, total jumlah pelaku UMKM yang menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM Medan ada berjumlah 27.763, cukup banyak gaes.

Ini baru UMKM saja, belum lagi jumlah kampus dan usaha-usaha lainnya yang akan masuk ke dunia digital marketing.

Maka berdasarkan jumlah ini, masih kekurangan pemateri digital marketing di Medan karena itu tidak ada salahnya mengundang pemateri dari provinsi tetangga seperti Pembicara Digital Marketing Pekanbaru maupun Pembicara Digital Marketing Aceh.

Rekomendasi Pembicara Digital Marketing

Secara garis besar anda udah tau tentang digital marketing, luas tentunyam, kalau anda mempelajari dalam semalam tentu tidak mungkin, karena itu lebih baik kursus digital marketing spesifik.

Pembicara Digital Marketing Medan

Maksudnya bagaimana?

Kursus digital marketing spesifik itu maksudnya anda pilih salah satu topik dari digital marketing yang ingin anda pelajari, apalagi kalau anda pemula dan bukan background komputer, marketing dan bisnis akan repot.

Walaupun tidak ada batasan, siapa saja bisa menjadi digital marketing, tetapi akan lebih baik kalau anda mempelajarinya secara bertahap.

Karena itu penting anda mengetahui siapa Pembicara Digital Marketing Medan yang akan anda undang dan bidangnya selama ini apa.

Pengalaman Teknis Digital Marketing

Jadi pengalaman teknisi itu penting, jangan sampai hanya secara teori yang diajarkan kepada anda. Jadi pengalaman teknis pembicaranya selama ini lebih banyak dibidang apa.

Pengalaman sebagai pemula waktu belajar internet marketing pada tahun 2011 lebih enak belajar kepada praktisi, karena langsung praktek. Karena sekarang banyak business owner juga sebagai pembicara, padahal teknisnya adalah timnya.

Pada tahun 2013 juga saya punya pengalaman yang sama, dimana saat preview orang berbeda dengan orang yang praktek /workshop. Tentu pasti akan berbeda. Ini menjadi catatan penting buat anda.

Salah satu pertanyaan yang diajukan peserta kepada saya, apakah anda memang benar-benar pernah melakukannya dan memang anda hidup dari sini? kata beliau.

Yes, benar, jadi saya yang akan membimbing anda sesuai dengan jadwal yang sudah ada, sahut saya.

Materi Digital Marketing

Untuk itu perlu anda ketahui ketika ingin melakukan Pelatihan Digital Marketing untuk Pemula anda lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan anda.

Tetapi secara umum ada 2 bagian Berbayar dan Organik.

Kategori Digital Marketing Ads (Iklan Berbayar) adalah pemasaran secara digital menggunakan iklan berabayar. Anda siapkan biaya untuk beriklan kemudian iklan anda tampil pada media yang anda inginkan, seperti ;

  1. Google Ads (Search / Display / Network)
  2. Sosial Media Ads seperti Facebook Ads, Instagram Ads dan lainnya
  3. Email Marketing

Kategori Digital Marketing Organik adalah pemasaran digital tanpa menggunakan iklan berbayar seperti disebutkan di atas.

Cara ini paling banyak digunakan terutama untuk anda pemula ataupun UMKM, contohnya ;

  1. Facebook Organik (Profil, Halaman, Facebook Marketpalce)
  2. Instagram Organik
  3. SEO (Search Engine Organik)

Nah agar target anda bisa tercapai, maka sebaiknya anda mengambil materi digital marketing spesifik. Tentu beda masih ada materi-materi lain yang perlu anda ketahui walaupun bisa anda berikan pada jasa pembuat seperti ;

  1. Website
  2. Content (Video, Audio, Gambar dan Artikel)
  3. Copywriting

Jika anda sebagai penyelenggara, maka sebaiknya anda pilih lebih spesifik, karena kalau secara keseluruhan biasanya setelah selesai belajar peserta akan bingung memulai dari mana.

Sehingga hal teknis ini anda bisa bicarakan dengan Pembicara Digital Marketing yang anda undang.

Mengapa Harus Memilih Kami

Dari setiap gambaran yang sudah kami jelaskan, tentu anda sudah bisa memutuskan, untuk mengundang siapa. Tidak lagi hanya melihat terkenalnya di media sosial, tetapi lebih pada teknis dan pengalamannya selama ini.

Berpengalaman

Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai praktisi digital marketing dan Pembicara Digital Marketing di Pekanbaru untuk membantu melayani berbagai ;

  1. Komunitas
  2. Perusahaan
  3. Sekolah
  4. Kampus dan
  5. Organissi

Profesional

Bekerja secara profesional dan menyelesaikan dengan penuh tanggung jawab. Berwawasan luas dan uptodate tentang bisnis terutama digital maketing.

Memberikan layanan purna jual (after sales services) yang artinya anda tetap bisa berkonsultasi setelah melakukan pelatihan.

Bersertifikat

Untuk menjaga komitmen layanan kami dan menjaga kepercayaan terhadap pelanggan kami dan kami telah bersertifikat BNSP.

Digital marketing menjadi salah satu cara strategis jangka panjang untuk meningkatkan penjualan anda. Untuk menghubungi Pembicara Digital Marketing Medan, anda bisa menghubungi via WA 0812 3000 2056.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *