Promosi di Media Sosial Selalu Gagal? Ini Kiatnya!

sosial, sosial media, sosial media marketing, sosial media strategi, sosial media indonesia, sosial media monitoring,
SocMed Meningkatkan Omset

Setengah orang dewasa di dunia berada difacebook, 400 juta orang melakukan tweeting, dan LinkedIn mempunyai lebih dari 200 juta pengguna saat ini. Tikdalah mengherankan bila banyak enterpreneur atau netpreneur mencoba untuk memetik hasil dari ledakan media sosial ini. Sayangnya dari mereka yang menggunakan Media Sosial sering mengalamai kegagalan dalam menggunakannya.

Apa sebenarnya penyebabnya kok bisa-biasanya mereka gagal dalam menggunakan Media Sosial untuk bisnisnya? ternyata mereka yang menggunakan media sosial menggunakannya untuk iklan secara membabibuat. Saya jadi teringat dengan BBM yang setiap saat saya menerima broadcast yang tidak jelas beritanya, hingga kadang-kadang yang benar juga jadi terabaikan.

Hal tersebut salah satu cara yang salah dalam menarik jumlah follower ataupun jumlah likers. Pada hal namanya juga Media Sosial rahasianya terletak pada “sosial”nya. Bayangkan saja, jika anda berbicara dengan teman anda, lalu anda tidak diberikan kesempatan untuk berbicara, lalu apakah anda tidak kesal? sudah pasti anda akan kesal…

Justru itu, hal ini juga berlaku dalam dunia sosial, bahwa anda juga harus memberikan kesempatan kepada mereka. Kita sebagai pemilik akun harus memberikan perhatian dan melibatkan mereka karena dengan cara itulah kita bisa mendengar apa kata mereka.

Cara Jualan di Facebook Agar Cepat Laku Lakukan 5 Tips ini

Ada 5 tips yang bisa membantu anda untuk promosi menggunakan Media Sosial :

  1. Mulailah dengan mendengarkan…., jangan sampai anda bosan.

    Sebelum memutuskan untuk memberikan suatu informasi baik itu melalui fb atau tweet, sebaiknya carilah informasi siapa saja yang membicarakan produk anda dan temukan kata yang berhubungan dengan produk anda, kemudian masukkanlah topik tersebut terhadap postingan yang akan anda publish.

  2. Berikan alasan mengapa konsumen anda harus me-like Anda.

    Setelah anda mendengarkan mereka, maka anda harus memikirkan apa yang sedang mereka butuhkan tentang produk anda, kemudian berikan kebutuhan mereka sehingga mereka mau me like.

  3. Ajukan beberapa pertanyaan kepada mereka.

    Memberikan pertanyaan kepada audience adalah cara terbaik untuk merangul mereka. Contoh jika anda hanya menuliskan belilah Kopi Miracle sedang diskon, maka tidak akan ada yang memberikan like kepada anda, tetapi jika anda membuat pertanyaan : Apakah anda sedang membutuhkan Kopi? Apakah stamina anda sedang loyo? tentu jika mereka menjawab maka lebih mudah anda memberikan penawaran terhadap apa yang dibutuhkan.

  4. Gunakan Foto / gambar yang menarik.

    Setiap orang akan menyukai gambar/foto. Hal inilah yang dibuktikan oleh facebook yang telah memiliki pengguna lebih dari 1 milyar dalam 7 tahun melalui salah satu fiturnya, berbagi foto. Anda tidak perlu membutuhkan camera yang canggih, sebenarnya cukup dengan camera smartphone saja karena yang perlu bukan kualitasnya, tetapi pesan dari foto atau gambar yang anda sampaikan.

  5. Sisihkan waktu min. 30 menit setiap hari. 

    Media sosial adalah alat yang sangat ampuh untuk digunakan, untuk itu anda harus memberikan waktu, minimal 30 menit sehari untuk mempelajari tool serta fitur2 lainnya; mendapatkan berbagai peluang yang ada, merespon para follower atau likers yang bertanya terhadap produk anda.

Mudah-mudahan dengan 5 tips tersebut dapat mengurangi kegagalan anda dalam menggunakan Media Sosial kedepannya. Apa dan bagaimana sebenarnya Etika di Media Social? topik ini akan kita bahas beberapa hari kedepan.

Ada hal yang lebih penting yang harus anda benahi dalam akun facebook anda jika anda ingin benar – benar memanfaatkan akun anda menghasilkan uang.

Tempat Jualan di Akun Facebook yang jarang di manfaatkan

Saya yakin anda selama ini sudah menggunakan facebook walau ada yang sudah pindah kelain hati. Ada banyak kepentingan orang untuk menggunakan facebook selama ini, apakah itu termasuk anda? Biasanya untuk :

  1. Kepentingan pribadi,
  2. Personal branding,
  3. Politik dan
  4. Tentu jualan.

Kalau anda ada pada bagian yang ke 4 menggunakan untuk jualan, atau anda dari point 1 pengen jadi jualan berikut ini tempat jualan di facebook yang bisa anda gunakan yang selama ini belum di optimalkan.

A. Bagian Muka / Tampilan Depan

Begitu anda melihat akun facebook pada tampilan depan, ada 9 tempat yang bisa anda gunakan untuk meletakkan brosur baik itu gambar, video dan teks (kata kunci). Apa saja itu?

  1. Foto Sampul (Cover), pada bagian atas facebook anda ada gambar panjang yang bisa anda tampilkan brosur produk anda.
  2. Foto Profil, kalau selama ini anda hanya publish foto profil, sekarang mulai ganti-ganti dengan brosur jualan anda.
  3. Foto Unggulan, ini terletak di bawah foto profil, bisa menggunakan 1 foto besar atau bisa menggunakan 4 foto yang disusun secara rapi.
  4. Intro, Penjelasan singkat tentang anda, bisa menyebutkan keunggulan, nama merek dan nomor telepon, biasanya ada tulisan edit bio.
  5. Koleksi Foto, Biasanya foto-foto yang anda upload tanpa memasukkan ke dalam album, maka secara otomatis akan menjadi koleksi foto.
  6. Album Foto, bisa anda optimasi dengan memberikan kata kunci pada judul album, atau bisa anda gunakan sebagai katalog.
  7. Alamat URL, nama URL adalah nama yang tertera pada adress bar kalau anda buka di browsder
  8. Nama Facebook, Untuk nama facebook ini bisa anda pilih menggunakan nama brand atau nama produk yang anda jual berdasarkan kata kunci.
  9. Nama Panggilan, perlakukannya hampir sama dengan point 8, biasanya penjelasan lebih lanjut pada nama panggilan ini.

B. Postingan

Kalau berbicara dengan postingan, saya yakin anda pasti sudah terbiasa, ada 6 jenis postingan yang bisa anda manfaatkan untuk jualan dan ini bisa ganti – ganti agar tidak membosankan.

  1. Postingan Berwarna Latar dengan tulisan besar
  2. Postingan Teks Panjang bisa lebih dari 500kata
  3. Postingan dengan Link / tautan
  4. Postingan dengan Video
  5. Postingan dengan Gambar
  6. Postngan dengan Notes / Catatan (penggabungan dengan text, link, gambar dan video)

Anda tinggal mengoptimalkan postingan yang bagaimana yang harus anda gunakan pada waktu-waktu tertentu.

C. Fanpage

Bagi sebahagian orang bisa saja fanpage atau halaman ini belum tau atau belum bisa di maksimalkan. Padahal facebook sendiri menghadirkan ini sebagai fasilitas untuk bisnis.

Untuk anda yang belum memiliki boleh anda buat terlebih dahulu agar bisa anda maksimalkan untuk bisnis anda. Termasuk untuk yang ingin menggunakan facebook berbayar atau sering kita dengan facebook ads, maka harus memiliki akun fanpage terlebih dahulu.

Berdasarkan pengalaman selama ini, ada 10 tempat untuk jualan yang bisa dimaksimalkan untuk jualan / bisnis, apa saja itu :

  1. Foto Sampul
  2. Foto Profil
  3. Tombol Kontak
  4. Tentang
  5. Koleksi Foto
  6. Album Foto
  7. Alamat Url
  8. Nama Fanpage
  9. Ulasan
  10. Video

Loh, kok mirip dengan facebook profile? betul sekali, karena memang pada prinsipnya hampir sama, hanya saja dengan fanpage ini kita bisa memiliki pengikut hingga lebih dari 5000 dan bisa menggunakan fasilitas berbayar seperti fanpage.

Fasilitas lainnya sebenarnya, masih banyak yang bisa anda manfaatkan, agar promosi anda lebih dasyat. Kami sarankan anda praktekkan dulu 3 point di atas, selanjutnya anda bisa gunakan fasilias berikut ini.

  • Group
  • Messengger
  • Foto
  • Tempat
  • Group
  • Acara
  • Lowongan Kerja
  • Market Place
  • Live Video

Ternyata sangat lengkap ya. Bagian mana saja yang sudah anda pergunakan saat ini? Jika sudah menggunakan sebahagian, saatnya anda manfaatkan fasilitasi ini dan benahi pelan-pelan untuk lebih meningkatkan penjualan anda.

Next kita akan bahas penjelasan tentang, bagaimana mengoptimalkan fasilitas lainnya seperti cara jualan di marketplace fb agar laris terutama di saat pendemi covid 19 ini.

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *