Strategi Digital Marketing yang Efektif: Lanjutan untuk Meningkatkan Visibilitas Online

Ingin memaksimalkan potensi bisnis Anda di ranah digital? Temukan strategi-strategi digital marketing yang efektif dalam panduan ini, sebagai lanjutan dari strategi digital marketing pemula sebelumnya.

Strategi digital marketing tingkat lanjut
Strategi digital marketing tingkat lanjut

3 insight tentang konten marketing yang harus anda tau ;

  1. 76% Marketer Mengutamakan Konten Sebagai Strategi Pemasaran: Menurut survei, sebanyak 76% marketer di seluruh dunia menganggap konten sebagai strategi pemasaran yang paling penting untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
  2. 92% Konsumen Lebih Percaya Pada Konten User-Generated: Sebanyak 92% konsumen lebih percaya pada konten yang dibuat oleh pengguna (user-generated content) daripada konten merek resmi.
  3. 80% Pengguna Internet Lebih Memilih Konten Interaktif: Lebih dari 80% pengguna internet cenderung berinteraksi lebih baik dengan konten interaktif seperti kuis, polling, atau video interaktif dibandingkan dengan konten statis.

Data ini menunjukkan betapa pentingnya konten marketing dalam strategi pemasaran digital, serta preferensi konsumen terhadap konten yang relevan, terpercaya, dan interaktif.

Yuk kita simak pembahasan tentang 4 strategi lanjutan dari strategi digital marketing, agar lebih mudah anda pahami.

Konten Marketing

Konten marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan pembuatan dan penyebaran konten yang berkualitas dan relevan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens, serta meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

Tujuan Konten

Oh itu konten.

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens atau penonton.

Mungkin Anda merasa kesulitan menarik perhatian audiens Anda di tengah persaingan yang ketat di dunia digital.

Mungkin konten yang Anda bagikan tidak cukup menarik perhatian atau tidak memiliki daya tarik yang cukup untuk membuat audiens tertarik.

Tanpa konten yang berkualitas, Anda mungkin kesulitan untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens Anda dan meningkatkan kesadaran merek Anda.

Anda mungkin merasa frustasi karena upaya pemasaran Anda tidak memberikan hasil yang diharapkan.

Namun, dengan menggunakan konten marketing yang efektif, Anda dapat menarik perhatian audiens Anda, membangun kepercayaan, dan meningkatkan kesadaran merek Anda secara signifikan.

Dengan memahami audiens Anda dengan baik dan menyajikan konten yang relevan, bermanfaat, dan menarik,

Anda dapat membuat dampak positif pada bisnis Anda dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Dengan menerapkan strategi konten marketing yang tepat, Anda dapat menciptakan keterlibatan yang lebih baik, memperluas jangkauan merek Anda, dan meraih kesuksesan dalam pemasaran digital.

Contoh Konten

Salah satu konten skincare dengan formula PAS ;

Problem: “Mungkin Anda sering merasa frustasi dengan jerawat yang muncul secara tiba-tiba, kulit kusam, atau tanda penuaan yang mulai terlihat. Anda mungkin telah mencoba berbagai produk skincare namun belum melihat hasil yang diinginkan.”

Agitate:
“Jerawat dapat mengganggu kepercayaan diri Anda, kulit kusam membuat Anda terlihat lelah, dan tanda penuaan membuat Anda khawatir akan penampilan Anda di masa depan. Rasanya seperti Anda sudah mencoba segalanya namun kulit Anda tetap tidak membaik.”

Solution:
“Tetapi dengan memilih produk skincare yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah kulit Anda secara efektif.

Cobalah produk kami yang mengandung bahan-bahan alami dan formulasi khusus untuk membantu mengurangi jerawat, menyamarkan noda, dan meremajakan kulit Anda.

Dengan penggunaan rutin, Anda akan melihat perubahan positif pada kulit Anda dan kembali mendapatkan kepercayaan diri yang hilang.”

Dengan menggunakan contoh formula PAS ini, konten skincare dapat mengidentifikasi masalah kulit yang umum, menggugah perasaan audiens, dan menawarkan solusi yang spesifik dan menarik untuk memecahkan masalah tersebut.

Contoh konten marketing anda bisa baca tulisan sebelumnya

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana merek bekerja sama dengan tokoh ternama di media sosial (influencer) untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada audiens yang lebih luas.

Tokoh ternama ini memiliki pengikut yang besar dan terlibat di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, atau TikTok.

Bagaimana Influencer Marketing Bekerja?

Influencer mempengaruhi keputusan pembelian pengikut mereka dengan merekomendasikan produk atau layanan kepada mereka.

Ketika seorang influencer memposting konten yang menampilkan atau mereferensikan produk Anda, pengikutnya yang percaya akan melihatnya sebagai rekomendasi yang berharga.

Manfaat Influencer Marketing

  • Jangkauan Luas: Dengan bekerja sama dengan influencer yang memiliki audiens besar, UMKM dapat menjangkau lebih banyak orang daripada dengan metode pemasaran tradisional.
  • Kredibilitas dan Kepercayaan: Pengikut influencer cenderung percaya pada rekomendasi mereka, sehingga hal ini dapat membantu membangun kepercayaan terhadap merek Anda.
  • Interaksi dan Keterlibatan: Influencer marketing memungkinkan interaksi yang lebih pribadi antara merek dan audiens, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan memperkuat hubungan.

Setelah memahami konsep influencer marketing, UMKM juga dapat mempertimbangkan strategi PPC Advertising.

PPC Advertising adalah metode iklan online di mana Anda membayar hanya ketika seseorang mengklik iklan Anda.

Mari kita lanjutkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi ini dalam pembahasan selanjutnya

PPC Advertising

PPC Advertising (Pay-Per-Click Advertising) adalah strategi pemasaran digital di mana Anda membayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda.

Iklan ini muncul di berbagai platform online seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.

Bagaimana PPC Advertising Bekerja?

Dengan PPC Advertising, Anda dapat menargetkan audiens yang tepat berdasarkan kata kunci, demografi, minat, dan lokasi geografis.

Ketika seseorang mencari sesuatu yang relevan dengan bisnis Anda atau berinteraksi dengan konten yang relevan, iklan Anda dapat muncul di halaman hasil pencarian atau feed media sosial mereka.

Manfaat PPC Advertising

1. Tepat Sasaran: Anda dapat menjangkau orang-orang yang sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda, meningkatkan kemungkinan konversi.
2. Kontrol Budget: Anda dapat mengontrol budget iklan Anda dengan menetapkan batas harian atau total pengeluaran.
3. Pengukuran Kinerja: Anda dapat melacak dan menganalisis kinerja iklan secara real-time untuk mengoptimalkan kampanye Anda.

Dari PPC Advertising yang dapat menjangkau audiens secara luas, kita dapat juga mempertimbangkan strategi Email Marketing yang lebih personal.

Email Marketing memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan Anda melalui email.

Mari kita lanjutkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi ini dalam pembahasan selanjutnya.

Email Marketing

Email Marketing adalah strategi pemasaran digital di mana Anda mengirimkan pesan-pesan pemasaran melalui email kepada pelanggan atau prospek Anda.

Tujuan utama dari Email Marketing adalah membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, serta meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Bagaimana Email Marketing Bekerja?

Dengan Email Marketing, Anda dapat mengirimkan berbagai jenis konten ke dalam email seperti penawaran spesial, newsletter, informasi produk terbaru, konten edukatif, dan lain sebagainya.

Email Marketing memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan Anda dan memberikan nilai tambah kepada mereka.

Manfaat Email Marketing

1. Personalisasi: Anda dapat menyesuaikan pesan-pesan Anda berdasarkan preferensi dan perilaku pelanggan, sehingga meningkatkan relevansi konten.
2. Meningkatkan Keterlibatan: Email Marketing dapat membantu Anda membangun keterlibatan yang lebih kuat dengan pelanggan Anda, seperti mengirimkan ucapan ulang tahun atau mengundang untuk survei kepuasan.
3. Mengukur Kinerja: Anda dapat melacak metrik seperti tingkat buka, tingkat klik, dan tingkat konversi untuk mengukur efektivitas kampanye Email Marketing Anda.

Dengan menggunakan Email Marketing secara efektif, untuk pemula,UMKM maupun perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan, menghasilkan penjualan yang lebih tinggi, dan meningkatkan kesadaran merek. .

Anda bisa baca panduan lainnya tentang digital marketing ;

  1. Mempelajari lebih lanjut tentang strategi digital marketing? Kunjungi Belajar Digital Marketing di Pekanbaru
  2. Tertarik memahami dasar-dasar digital marketing? Baca Pengenalan Digital Marketing
  3. Cari strategi digital marketing untuk pemula? Lihat 7 Strategi Digital Marketing Pemula.

Penutup

Dengan mengimplementasikan strategi-strategi digital marketing yang efektif seperti Konten Marketing, Influencer, PPC Advertising, dan Email Marketing, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan bisnis Anda secara signifikan.

Mulailah menerapkan strategi ini sekarang jika anda sudah menerapkan strategi sebelumnya dan saksikan bisnis Anda berkembang di dunia digital yang terus berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *